Alami Nyeri Pinggang dan Kesemutan Saat Mudik? Coba Pijat di Beberapa Titik Vital Ini

ilustrasi pijat punggung
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle  – Nyeri pinggang dan kesemutan menjadi salah satu masalah kesehatan umum terjadi kepada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Masalah ini umumnya terjadi lantaran terlalu lama duduk. Ya, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi biasanya memilih untuk 'tancap gas' demi bisa tiba di kampung halaman dengan cepat. 

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Jika Anda mengalami kesemutan atau nyeri pinggang selama mudik menggunakan kendaraan pribadi. Segera menepi atau cari tempat peristirahatan jangan sampai kondisi tersebut malah nantinya berujung membahayakan diri Anda dan keluarga.

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika mengalami masalah nyeri punggung dan kesemutan saat mudik adalah mencoba teknik akupresur.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Akupresur merupakan salah satu jenis atau cara perawatan kesehatan tradisional yang dilakukan melalui teknik penekanan di permukaan tubuh pada titik-titik akupuntur dengan menggunakan jari atau bagian tubuh lain atau alat bantu yang berujung tumpul dengan tujuan untuk perawatan kesehatan.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Berikut ini beberapa tips akupresur yang dapat dicoba untuk mencegah nyeri pinggang dan kesemutan seperti direkomendasikan oleh spesialis akupunktur dr Aldrin Nelwan Pancaputra SpAk, MKes, MBiomed, MARS, SH. 

Untuk mengatasi nyeri pinggang dapat dilakukan dengan pemijatan pada lokasi yang letaknya di pinggang sejajar dengan pusar, selebar dua jari tangan ke samping kiri dan kanan dari garis tubuh.

Pemijatan dilakukan dengan penekanan selama 30 hitungan. Untuk penekanan itu sendiri dijelaskan oleh dr. Neilwan jangan sampai membuat diri sendiri atau orang lain merasa sakit.

"Kadang orang merasa kalau ditekan kencang bilang wah ini nih penyakitnya, padahal bukan seperti itu. Penekanan itu batas maksimalnya bisa terlihat dari adanya perubahan warna kuku," jelas dia.

Selain di area pinggang, mengatasi nyeri pinggang juga bisa dilakukan di area pertengahan lipatan lutut. Dengan cara lipat lutut bagian belakang kemudian tekan sebanyak 30 tekanan (hitungan). Selain itu, di area pertemuan antara betis bagian luar dan bagian dalam (tengah) kemudian ditekan sebanyak 30 tekanan.

Metode di atas selain dapat mengatasi nyeri pinggang ternyata, metode tersebut bisa mengatasi kaki kesemutan.

"Itu bisa mengatasi gejala kesemutan. Selain itu untuk mengatasi kesemutan yang sering terjadi adalah bisa sedikit berjalan di area gerbong kereta atau bus," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya