Hindari Kelelahan Selama Mudik, Perhatikan Aturan Berkendara dan Istirahaat Selama Mudik

(Ilustrasi) Kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA Lifestyle - Mudik Lebaran 2024 menjadi mudik pertama tanpa adanya aturan pembatasan perjalanan di Indonesia. Maka tak mengherankan jika jumlah pemudik lebaran tahun ini mengalami kenaikan 60 persen atau sebanyak 193,6 juta orang.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Berdasarkan keterangan Kementerian Perhubungan di tahun 2024 ini akan ada 37,51 juta orang mudik menggunakan mobil pribadi dan 35,42 juta orang menggunakan sepeda motor untuk mudik. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Banyaknya jumlah pemudik berdampak pada kepadatan lalu lintas. Kemacetan di jalur mudik, tentu akan membuat pengemudi mengalami kelelahan. Kelelahan yang berlebih diketahui juga bisa membahayakan baik itu pengemudi maupun penumpang.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Lantas bagaimana menghindari kelelahan selama mudik? Salah satu yang perlu diperhatikan adalah durasi waktu selama berkendara. Melansir laman Lazy, delapan jam satu hari dengan istirahat minimal 15 menit setiap dua jam.

Arus Mudik Lebaran, Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Gilimanuk

Photo :
  • Foto AP/Firdia Lisnawati
Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Jika dikalkulasikan dengan jarak tempuh, Anda dan keluarga bisa berkendara aman sejauh sekitar 804,672km. Namun angka tersebut akan berbeda jika Anda berkendara sendiri.

Mempertimbangkan bahwa pengemudi tidak boleh berada di belakang kemudi selama lebih dari delapan jam sehari, setidaknya diperlukan tiga kali istirahat dalam perjalanan sehari penuh, yang berarti waktu maksimum yang dihabiskan untuk benar-benar mengemudi adalah sekitar tujuh jam 15 menit. 

Sebagai contoh, jika seorang pengemudi bepergian dengan kecepatan rata-rata 70 mph di jalan raya sepanjang hari (tidak memperhitungkan harus memperlambat untuk jalan tol, lalu lintas, atau perubahan rute) mereka dapat menempuh 507 mil atau setara 815km.

Pemudik di terminal poris plawad tangerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Kalkulasi durasi perjalanan dengan dua pengemudi atau lebih juga bisa berbeda.

Sebuah mobil dengan dua penumpang yang mengemudi kemungkinan dapat menempuh jarak sekitar 700 mil atau 1.126km dengan aman selama maksimal sepuluh jam, selama Anda berbagi mengemudi dan beristirahat yang diperlukan.

 Pastikan untuk tetap fit, jika lelah bergantian dan jika memang mengemudi sendiri cari rest area terdekat. Istirahat minimal 15 menit dan lakukan peregangan untuk merileks-kan otot-otot yang kaku akibat perjalanan jauh.

Pastikan juga untuk berkemih secara teratur dan hindari menahan berkemih dengan alasan apapun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya