Manfaat Mandi Air Hangat Sebelum Tidur, Bikin Lelap Hingga Turunkan Tekanan Darah

Ilustrasi mandi.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Ketika dimasukkan ke dalam rutinitas sebelum tidur, mandi di malam hari dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Mandi di malam hari juga memastikan tubuh lebih bersih saat hendak tidur, mengurangi penumpukan keringat, kotoran dan minyak tubuh di tempat tidur Anda. Selain itu, penelitian menunjukkan mandi sebelum tidur mungkin memberikan manfaat lain. Apa saja? Yuk, scroll untuk mengetahuinya.

Manfaatnya berbeda-beda, tergantung Anda mandi dengan air panas atau air dingin. Lalu, apa pengaruhnya mandi air panas atau air hangat sebelum tidur? 

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Dilansir Sleep Foundation, Jumat 6 Oktober 2023, semakin banyak penelitian menunjukkan, mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Beberapa jam sebelum tidur, suhu inti tubuh manusia mendingin secara alami, sementara suhu kulit tangan dan kaki meningkat. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Para ilmuwan berhipotesis bahwa merendam tubuh dalam air hangat dapat membantu proses pengaturan suhu alami, sehingga meningkatkan kualitas tidur. Para peneliti menjuluki fenomena ini sebagai 'efek mandi air hangat'.

Penelitian membuktikan kredibilitas efek mandi air hangat. Sebuah meta-analisis dari 17 penelitian menemukan bahwa mandi malam atau berendam dalam air antara 104 – 108.5 derajat Fahrenheit dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Mereka yang mandi 1-2 jam sebelum tidur juga bisa lebih cepat tertidur. Para peneliti berteori bahwa air hangat mampu merangsang aliran darah ke tangan dan kaki, yang memungkinkan panas tubuh keluar lebih cepat. Sebuah penelitian baru-baru ini terhadap orang dewasa yang lebih tua juga menemukan bahwa mandi air hangat 1-3 jam sebelum tidur membantu mereka tertidur lebih cepat. 

"Pastikan mandi air hangat minimal 1 jam sebelum tidur, karena hal itulah yang paling didukung penelitian. Kebiasaan ini dapat menjadi bagian dari perubahan tambahan pada rutinitas waktu tidur Anda, seperti menghentikan kebiasaan tidur yang berbahaya, termasuk waktu menatap layar dan memulai kebiasaan yang bermanfaat," ujar Dokter tidur, Dr David Rosen. 

Tidak hanya meningkatkan kualitas tidur, dalam sebuah penelitian terhadap orang dewasa yang lebih tua, mandi dengan suhu antara 1104,5-106 derajat Fahrenheit dapat menurunkan tekanan darah sebelum dan saat tidur. 

Ilustrasi wanita tidur digangu jin atau setan

Photo :
  • pixabay.com

Beberapa orang yang mengalami pilek juga sembuh karena menghirup udara hangat yang menjadi pengobatan populer untuk mengurangi hidung tersumbat. Namun, bukti saat ini belum mendukung manfaat uap untuk mengatasi hidung tersumbat, tetapi Anda bisa mencoba metode ini untuk melihat apakah hidung Anda terasa lega setelah melakukannya. 

Ariston Experience Center (AEC)
Bicara mandi air hangat, Ariston Experience Center (AEC), sebuah galeri produk interaktif diresmikan pada 27 September 2023 di Gandaria City Mall Jakarta, lantai 1. AEC ini menjadi yang pertama di Indonesia.

"Kami sangat bersemangat dengan hadirnya Ariston Experience Center pertama di Indonesia. Ini merupakan wujud komitmen kami dalam menghadirkan kenyamanan berkelanjutan, salah satunya dengan mendekatkan produk-produk Ariston kepada masyarakat dan membantu mereka memahami kebutuhan mereka,” ujar Erwin Lim, Managing Director Ariston Indonesia, dalam keterangannya.

Ariston Experience Center memiliki luas 56 meter persegi, menyuguhkan display dari berbagai rangkaian produk pemanas airnya, mulai dari rangkaian produk untuk keperluan domestik hingga komersil. AEC menampilkan pengalaman air panas yang dapat dioperasikan dan dirasakan oleh setiap pengunjung yang hadir. 

Tidak hanya untuk konsumen, AEC juga menjadi ruang inspirasi bagi para profesional seperti desainer, arsitek, maupun pengembang. Turut mendorong perubahan nyata yang berdampak positif pada semua sektor menuju pembangunan infrastruktur maju, Ariston menghadirkan jajaran produk pemanas air terbaiknya pada Ariston  Experience Center.

Dengan market share sebesar 70 persen pada industri pemanas air, Erwin Lim percaya bahwa minat terhadap produk water heater akan terus meningkat dan kelak menjadi sebuah kebutuhan dasar. 

"Kami melihat water heater akan menjadi kebutuhan dasar seperti halnya air conditioner. Tugas kami adalah untuk terus mengedukasi, meyakinkan masyarakat bahwa saat ini water heater sudah dilengkapi teknologi keamanan yang mutakhir dan sangat aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” jelas Erwin Lim. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya