Mengupas Tuntas 5 Cara Terhindar dari Penyakit Kanker

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta – Penyakit kanker merupakan salah satu ancaman kesehatan global yang serius. Setiap tahun, jutaan orang di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker. Meskipun faktor genetik memainkan peran dalam risiko kanker, banyak kasus kanker dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari yang lebih sehat. 

Pangeran William Bagikan Kabar Terbaru Kate Middleton dan Anak-Anaknya

1. Pola Makan Sehat

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This
Tips Jaga Kesehatan Usus, Sehatkan Sistem Pencernaan Hingga Perbaiki Kondisi Mental

Makanan adalah salah satu faktor terpenting dalam pencegahan kanker. Konsumsi makanan yang kaya akan serat, sayuran, dan buah-buahan dapat membantu mengurangi risiko kanker. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, gula tambahan, dan makanan olahan. 

Cobalah untuk memasukkan lebih banyak makanan berwarna-warni ke dalam pola makan Anda karena berbagai warna dalam makanan dapat memberikan berbagai nutrisi dan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk melawan kanker.

Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

2. Aktivitas Fisik

Ilustrasi Wanita Berolahraga

Photo :
  • Amazfit

Berolahraga secara teratur adalah kunci untuk menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko kanker. Aktivitas fisik membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan, dan mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh. 

Disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang atau 75 menit aktivitas fisik yang lebih intens setiap minggu.

3. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol yang Berlebihan

Ilustrasi berhenti merokok.

Photo :
  • Eat This

Merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan adalah dua faktor risiko utama penyakit kanker. Merokok terkait dengan banyak jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, dan esofagus. 

Demikian pula, alkohol dapat meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan, esofagus, payudara, dan beberapa jenis kanker lainnya. Menyingkirkan kebiasaan merokok dan membatasi konsumsi alkohol dapat membantu melindungi diri dari risiko kanker yang berbahaya.

4. Lindungi Diri dari Paparan Radiasi dan Bahan Kimia Berbahaya

Ilustrasi zona radiasi nuklir.

Photo :
  • ukrinform

Paparan radiasi, seperti sinar ultraviolet dari matahari atau sinar X, dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan kanker lainnya. Penting untuk melindungi diri dari paparan berlebihan terhadap radiasi. Gunakan tabir surya saat berada di bawah sinar matahari, dan jika kamu harus terpapar radiasi dalam pekerjaan atau pemeriksaan medis. 

Selain itu, hindari paparan bahan kimia berbahaya di tempat kerja atau lingkungan sehari-hari. Jika kamu bekerja dengan zat-zat beracun, pastikan untuk mengikuti prosedur keamanan yang ditetapkan dan menggunakan peralatan pelindung diri yang sesuai.

5. Pencegahan Infeksi Menular

Ilustrasi Virus Corona COVID-19.

Photo :
  • Pixabay

Beberapa infeksi menular, seperti human papillomavirus (HPV) dan hepatitis B dan C, dapat meningkatkan risiko kanker. Vaksinasi adalah cara yang efektif untuk melindungi diri dari infeksi ini. Selain itu, praktik seks yang aman dapat membantu mengurangi risiko penularan HPV dan infeksi menular seksual lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya