Cukup Pakai 10 Bahan Alami Ini Kulit Jadi Bersih dan Cerah, Insecure Auto Hilang

Kulit cerah dan mulus.
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Kecantikan datang dalam berbagai warna, dan kecantikan yang Anda miliki sejak lahir memang indah. Tidak perlu mengubahnya, tapi Anda bisa mempercantik warna kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami, daripada mencoba bahan kimia berbahaya yang diklaim membuat Anda cantik. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Sebagian besar bahan alami berikut ini ternyata dapat dengan mudah ditemukan di dapur Anda dan aman digunakan. Apapun warna kulitmu, tetap cantik. Namun jika cara menghilangkan flek di wajah menjadi pertanyaan yang mengganggu Anda.

Berikut daftar bahan-bahan alami yang bisa membuat kulit Anda bersinar dan bersih, melansir laman bajajconsumercare.com.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

1. Jeruk Nipis

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Lemon, seperti buah jeruk lainnya, merupakan bahan pemutih alami. Mereka penuh dengan Vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit lebih kencang. Jus lemon mengelupas sel kulit mati dan mengurangi produksi melanin. Ia memiliki sifat anti-bakteri yang melawan jerawat. Jus lemon murni mungkin terlalu kuat bagi kebanyakan orang, jadi campurkan dengan yoghurt dan madu untuk membuat masker. Oleskan ini dua atau tiga kali seminggu di malam hari untuk membalikkan penyamakan kulit.

2. Madu

Madu adalah bahan yang luar biasa karena merupakan bahan pemutih alami, melembapkan dan antibakteri. Membantu meratakan warna kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Anda bisa mengoleskan madu mentah langsung ke wajah atau mencampurkannya dengan masker untuk mendapatkan kulit bersih dan bercahaya.

Ilustrasi masker pepaya.

Photo :
  • vstory

3. Pepaya

Pepaya mengandung papain yang meningkatkan pergantian sel sehingga membuat kulit lebih cerah dari dalam. Asam alfa-hidroksi yang ditemukan dalam pepaya menjadikannya salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda dapat menumbuk beberapa bagian menjadi pasta halus dan mengoleskannya jika diperlukan. Biarkan selama 20 menit sebelum Anda mencucinya dengan air hangat.

4. Yoghurt

Yoghurt mengandung Asam Laktat, salah satu AHA paling ringan, dan juga cocok untuk kulit sensitif. Ini mengelupas dengan lembut dan bekerja sebagai penekan melanin. Penggunaan yoghurt secara teratur dapat mengurangi munculnya noda dan memperbaiki warna kulit Anda. Oleskan langsung atau dicampur dalam masker untuk kelembutan dan kilau.

5. Akar Licorice

Ekstrak akar licorice memiliki glabridin yang menghambat tirosinase, enzim penghasil melanin. Ia juga mengandung liquiritin yang memecah melanin dan menghilangkan pigmentasi, membuat kulit Anda terlihat lebih bersih. Ini bagus untuk menghilangkan bekas jerawat dan juga menenangkan kulit yang teriritasi.

Ilustrasi kunyit

Photo :
  • Eat This

6. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan sehingga efektif untuk kulit berjerawat. Kurkumin, yang terdapat dalam kunyit, menekan produksi melanin dan mencerahkan warna kulit secara instan. Sebagai bahan pencerah yang populer, kunyit mengatasi berbagai masalah kulit selain memberikan nutrisi penting. Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh kunyit ke dalam masker apa pun untuk mendapatkan kilau.

7. Kentang

Kentang kaya akan Vitamin B6 dan efektif mengelupas serta mencerahkan warna kulit. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan flek di wajah, buatlah pasta kentang atau ekstrak jusnya lalu campur dengan madu, lemon, atau air mawar untuk membuat masker. Ini juga sangat berguna dalam menghilangkan lingkaran hitam.

8. Tepung Gram

Tepung Gram adalah pencerah kulit kaya nutrisi yang sangat aman namun efektif. Mengandung beta-karoten, niasin, riboflavin, asam folat dan asam lemak tak jenuh yang melembabkan kulit sekaligus menghilangkan minyak berlebih. Dapat digunakan sebagai pembersih lembut sehari-hari dengan menggosokkan sedikit air atau air mawar seperti scrub. Ini mengelupas sel-sel kulit mati untuk memperlihatkan kulit yang lembut dan sehat, menghasilkan cahaya alami.

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

9. Lidah Buaya

Aloe Vera adalah salah satu bahan pemutih alami paling ringan yang ideal untuk orang dengan kulit sensitif, untuk mencerahkan kulit. Ia memiliki senyawa 'antrakuinon' yang dengan lembut mengelupas kulit mati. Ia juga mengandung 'lignin' yang meningkatkan elastisitas kulit dan anti-oksidan yang melawan polusi dan kerusakan akibat sinar matahari. Oleskan gel lidah buaya langsung pada kulit yang bersih atau campur dengan madu untuk membuat masker, dan dengan gula merah untuk membuat scrub yang mencerahkan.

10. Neem

Neem memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat mencegah timbulnya jerawat, yang pada gilirannya akan mencegah pembentukan bekas jerawat. Ia juga memiliki sifat mendinginkan yang akan mengurangi kemerahan, bintik hitam, noda dan memurnikan polutan dari pori-pori untuk membuat kulit tampak rata dan bercahaya. Mengoleskan masker nimba dan cendana dapat mengencangkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan sehingga membuat kulit bersinar alami.

11. gandum

Oat yang dikenal sebagai makanan super, juga sangat baik untuk kulit karena dapat membersihkan, mengelupas, dan banyak manfaat lainnya. Ia memiliki 'saponin' yang menghilangkan racun yang merusak kulit dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit untuk menghasilkan cahaya alami. Ia juga mengandung asam amino, vitamin B1, seng, dll. yang membalikkan perubahan warna dan munculnya bintik hitam. Gunakan susu oat, atau oat giling dengan madu dan susu untuk membuat masker pencerah.

Semua bahan di atas merupakan cara mencerahkan kulit secara alami yang aman dan efektif tanpa efek samping apa pun. Bahan pemutih alami dan nutrisi dalam bahan-bahan ini menjadikannya sangat baik untuk menghilangkan kulit gelap dan menghilangkan noda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya