Mengenal dr Victor Chang, Ahli Bedah Jantung yang Muncul di Google Doodle

dr Victor Chang, pelopor bedah transplantasi jantung
Sumber :
  • Victor Chang, Cardiac Research Institute

VIVA – Pada Selasa, 21 November 2023, Google Doodle menampilkan gambar seorang pria yang mengenakan pakaian bedah. Rupanya ia adalah dr Victor Chang, seorang ahli bedah jantung asal Australia.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Lantas, siapakah dr Victor Chang? Mengapa sosoknya muncul di Google Doodle pada 21 November? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sosok dr Victor Chang

Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

dr Victor Chang, pelopor bedah transplantasi jantung

Photo :
  • Victor Chang, Cardiac Research Institute

Dikutip dari Victor Chang, Cardiac Research Institute, dr Victor Chang lahir pada 21 November 1936 dan meninggal pada 4 Juli 1991. Dia merupakan salah satu ahli bedah jantung paling berbakat di Australia, pelopor bedah transplantasi jantung modern dan seorang aktivis kemanusiaan.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Seorang pahlawan nasional, Victor Chang dipuji sebagai “dokter paling terkemuka di belahan bumi selatan”, dan karya revolusionernya di bidang transplantasi jantung berdampak pada pasien jantung, tidak hanya di Australia dan Asia Tenggara, tetapi di seluruh dunia.

dr Chang secara pribadi menyelamatkan ratusan nyawa. Pada tahun 1984 ia memimpin tim ahli bedah yang berhasil melakukan transplantasi jantung pada siswi, Fiona Coote. 

Pada usia 14 tahun, Fiona menantang segala rintangan untuk menjadi orang termuda yang selamat dari transplantasi jantung di Australia, dan sekitar 38 tahun kemudian, ia masih tetap sehat.

Pada tahun yang sama, dr Chang mendirikan Program Transplantasi Jantung Nasional di Rumah Sakit St Vincent, yang telah melakukan ribuan transplantasi yang berhasil. dr Chang juga memainkan peran penting dalam mengembangkan katup jantung buatan dan alat bantu jantung buatan.

Pada tahun 1986, Dr Chang dianugerahi penghargaan tertinggi di negaranya, seorang Companion of the Order of Australia (AC) dan pada tahun 2000, ia terpilih sebagai Australian of the Century oleh masyarakat Australia.

Sebagai seorang ahli bedah dan kemanusiaan yang penuh perhatian, dr Chang sangat tertarik dengan kekuatan penemuan. Ia memiliki visi yang berani untuk mendirikan lembaga penelitian medis kelas dunia, karena ia mengetahui bahwa meskipun ia dapat menyelamatkan ratusan nyawa melalui operasi, ia juga dapat menyelamatkan ribuan nyawa lainnya melalui penelitian.

Meninggal secara tragis

Victor Chang meninggal dalam keadaan tragis di Sydney pada tanggal 4 Juli 1991 pada usia 55 tahun karena ditembak oleh penjahat bernama Chew Seng Liew dan Philip Lim. 

Philip Lim mengaku membunuh Chang karena tak punya uang dan mesti membayar uang. Namun Lim dan Liew tidak bermaksud untuk membunuh Chang, tapi hanya untuk memeras uangnya saja.

Ia dikenang sebagai pria yang pendiam dan menawan, sangat dicintai oleh pasien dan teman-temannya, istrinya Ann dan anak-anaknya Vanessa, Matthew dan Marcus.

Institut Penelitian Jantung Victor Chang didedikasikan untuk mengenangnya, meneruskan warisannya dalam pencarian obat penyakit jantung.

Soal keluarga dan pendidikan

dr Victor Chang, pelopor bedah transplantasi jantung

Photo :
  • Tangkapan layar

Kakek-nenek Victor tiba di Australia saat demam emas pada pertengahan tahun 1800-an. Ayah Victor, Aubrey Chang, lahir di Tamworth, sedangkan ibu Victor, May Lee, lahir di Inverell di barat laut New South Wales. 

Pada awal tahun 1930-an orang tuanya pindah ke Hong Kong, tempat mereka bertemu dan menikah. Bersama-sama, mereka kemudian pindah ke Shanghai.

Victor Chang (Yam Him) lahir di Shanghai pada bulan November 1936. Tak lama setelah itu, pasukan Jepang menginvasi Shanghai dan keluarga Chang kembali ke Hong Kong ketika Victor baru berusia dua tahun. 

Pada tahun 1948, ibu Victor meninggal karena kanker payudara, mendorong Victor untuk mempertimbangkan mengejar karir di bidang kedokteran.

Pada awal tahun 1950-an, Aubrey Chang memutuskan untuk mengirim Victor dan adik perempuannya untuk tinggal bersama keluarga besarnya di Sydney, Australia. Itu adalah perjalanan enam minggu dengan kapal penumpang dari Hong Kong ke Sydney.

Selama tahun pertamanya di Australia dia tinggal di Campsie dan bersekolah di sekolah lokal di Belmore. Victor menyelesaikan sekolahnya di Christian Brothers College di Lewisham. Pada tahun 1962 ia lulus dari Universitas Sydney dengan gelar Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah.

Dia menyelesaikan magang di Rumah Sakit St Vincent Sydney, sebelum pindah ke luar negeri untuk melanjutkan karirnya. Setelah mengikuti pelatihan bedah kardiotoraks di Mayo Clinic dan di Inggris, ia kembali ke Rumah Sakit St Vincent.

Selama dua dekade berikutnya, ia mengoperasi bersama rekannya Dr Harry Windsor dan Dr Mark Shanahan, yang melakukan transplantasi jantung pertama di Australia pada tahun 1968.

Karena ia adalah pelopor bedah transplantasi jantung yang terkenal di dunia, maka tak heran jika Google Doodle menggunakan gambar dari dr Victor Chang kemarin. Tindakan tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap sosoknya yang telah memberikan harapan dan kesempatan hidup baru bagi banyak orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya