Agar Tetap Komitmen Jalani Hidup Sehat, Masyarakat Ternyata Perlu Ini

Ilustrasi Olahraga
Sumber :
  • Canva

VIVA Lifestyle – Menerapkan gaya hidup sehat memang tidak mudah. Selain tekad yang kuat, seringkali kita membutuhkan orang-orang di sekitar yang dapat mendukung dan memberikan dorongan agar kita tetap konsisten menjalani gaya hidup sehat

Pilgub Jateng 2024, Survei: Elektabilitas Sudaryono Moncer Dinggap Bisa Bawa Perubahan

Hal itu dibuktikan dalam Asia Pacific Power of Community Survey, yang mengungkapkan bahwa lebih dari setengah dari konsumen di Indonesia (72 persen) menganggap komunitas pendukung sangat penting dalam upaya kesehatan dan kesejahteraan mereka. Scroll untuk tahu info selengkapnya.

Survei juga menemukan bahwa (92 persen) dari konsumen di Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan kesehatan dan kesejahteraan yang mereka tetapkan untuk tahun ini, terutama didorong oleh keinginan untuk tetap bugar dan sehat (78 persen) dan untuk memperbaiki kondisi kesehatan mereka saat ini (58 persen).

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Survei dilakukan pada Agustus 2023 ini, yang ditujukan untuk mengungkapkan pentingnya dukungan sosial dalam menjalani gaya hidup sehat dan aktif, yang dilakukan kepada 5.500 konsumen Herbalife di 11 negara Asia Pasifik - Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Survei ini juga memberikan wawasan tentang manfaat menjadi bagian dari komunitas pendukung yang paling dihargai oleh konsumen dalam perjalanan kesehatan dan kesejahteraan mereka:

- Meningkatkan motivasi dan komitmen mereka terhadap tujuan kesehatan dan kesejahteraan individu mereka (85 persen)
- Memperluas pandangan mereka tentang kesehatan dan kesejahteraan (84 persen)
- Memberikan rasa memiliki dan koneksi sosial (81 persen).

Senior Director and General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi mengatakan temuan survei ini sejalan dengan keyakinan mereka bahwa memiliki jaringan dukungan komunitas sangat penting dalam menjaga komitmen orang untuk mencapai tujuan kesehatan mereka. 

"Itulah mengapa kami menerapkan pendekatan berbasis komunitas untuk membantu orang menjalani kehidupan yang lebih sehat bersama dengan member independen kami," kata Andam dalam keterangannya, dikutip Rabu 22 November 2023. 

"Jaringan dukungan yang disediakan oleh member independen kami kepada pelanggan mereka sangat penting dalam mencapai hasil yang berkelanjutan. Banyak dari mereka juga menjalankan klub nutrisi dan kegiatan kebugaran komunitas, untuk memotivasi orang untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif dalam lingkungan yang ramah dan sosial," tambahnya. 

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/freepik

Efektivitas berbagai bentuk dukungan sosial
Secara keseluruhan, komunitas tatap muka dan online dianggap efektif dalam mendukung tujuan kesehatan dan kesejahteraan konsumen, meskipun lebih banyak dari mereka lebih suka komunitas tatap muka.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh manfaat bertemu teman-teman baru atau memperluas lingkaran sosial, kemampuan untuk memastikan pertanggungjawaban terkait kemajuan mereka, dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tatap muka.

Survei juga mengidentifikasi individu yang paling penting dalam mendukung gaya hidup sehat dan aktif pada konsumen di Indonesia antara lain keluarga, teman-teman, dan rekan-rekan (46 persen), individu dengan tujuan serupa (23 persen) dan praktisi kesehatan, seperti dokter dan ahli nutrisi (19 persen).

Keinginan untuk bergabung dengan komunitas nutrisi, kebugaran, atau kesejahteraan
Karena dukungan sosial dianggap sebagai faktor penting dalam membantu individu tetap berkomitmen pada tujuan hidup sehat mereka, 69 persen dari konsumen di Indonesia telah menyatakan niat mereka untuk bergabung dengan komunitas yang memiliki minat seputar nutrisi, kebugaran, atau kesejahteraan dalam 12 bulan mendatang.

Di antara kelompok demografis, Generasi Z dan Milenial konsumen di Asia Pasifik yang lebih muda lebih cenderung bergabung dengan dukungan komunitas (51 persen), dibandingkan dengan Generasi X dan Baby Boomer (34 persen). Niat untuk bergabung dengan dukungan komunitas juga secara signifikan lebih tinggi di Vietnam (76 persen), Indonesia (69 persen), dan Filipina (68 persen).

Dari mereka konsumen di Indonesia yang tertarik bergabung dengan dukungan komunitas, 70 persen bertujuan untuk bergabung dengan komunitas kebugaran, 59 persen berminat dalam dukungan komunitas kesejahteraan, dan 57 persen tertarik pada dukungan komunitas nutrisi. Prioritas kesehatan utama konsumen di Indonesia dalam mempertimbangkan partisipasi dalam dukungan komunitas adalah sebagai berikut:

- Berolahraga secara teratur untuk tetap aktif dan bugar (71 persen)
- Menghilangkan kebiasaan gaya hidup negatif (63 persen)
- Menerima lebih banyak tips terkait kesehatan dan kesejahteraan (58 persen)
- Berlatih kesadaran dan kegiatan kesehatan untuk meningkatkan kesehatan mental (58 persen)
- Meningkatkan kebiasaan nutrisi (55 persen)
- Menjaga berat badan yang sehat (43 persen).

Untuk membantu konsumen di wilayah Asia Pasifik mencapai prioritas kesehatan mereka, Herbalife mengadakan acara lari virtual tahunan pada 1-30 November 2023, yang dilakukan bersamaan di Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Makau, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. 

"Untuk lebih merayakan kekuatan komunitas dalam mendorong gaya hidup sehat dan aktif, kami mengadakan Herbalife Virtual Run untuk tahun keempat berturut-turut. Kami berharap dapat mendorong konsumen Asia Pasifik dan khususnya di Indonesia untuk bergerak melalui kegiatan yang menyenangkan dan menarik seperti ini, sambil membantu mereka membentuk komunitas yang mendukung sepanjang perjalanan," jelas Andam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya