Zaidul Akbar: Aneka Bawang Punya Khasiat Ajaib, Tapi Harus Dikonsumsi dengan Benar

Ilustrasi bawang bombay
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

JAKARTA – Aneka bawang mulai dari bawang putih, bawang merah hingga bawang bombay memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tanpa disadari bawang yang digunakan untuk memasak aneka makanan di rumah, memberikan efek baik untuk tubuh. Mengenai Khasiat bawang ini dr Zaidul Akbar membocorkan ilmu kesehatan terkait manfaatnya.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Lewat akun Instagram @zaidulakbar, pria penggagas Jurus Sehat Rosulullah atau JSR ini mengatakan bahwa semua bawang-bawangan baik putih, merah, bombay ataupun bawang tunggal sangat kuat efeknya. Terutama dalam mengencerkan darah. Tak cuma itu, bawang-bawangan ini juga memiliki efek antibiotik hingga anti kanker.

"Ilmunya gini..Semua bawang2an mau putih , mau merah, bombay, tunggal, sangat kuat efeknya dalam mengencerkan darah, dan efek antibiotik versi mereka, dan anti kanker.." tulisnya.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Cara mengkonsumsinya juga diungkapkan oleh Zaidul Akbar. Jadi, katanya, jika bawang ketemu madu, jadilah penguat imun yang sangat baik, apalagi bawangnya di fermentasi.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

"Kalo yang ada urusan dng darah kental, bawang2an ini sangat bagus dlm mengencerkan..dan karena udah kita makan tiap hari , dalam bumbu2 masakan dan makanan kita, tanpa sadar ya kita udah makan makanan pengencer darah, jd kalo makan pindang misalnya.. pasti ada bawang disitu, ya kita udah dapat efek pengencer darahnya , ya meski minimal..," ungkapnya lagi.

Tak hanya bawangnya saja, Zaidul juga mengatakan jika mengkonsumsi bawang, jangan dibuang kulitnya. Sebab, kulit bawang juga bisa mnejadi penyedap alami.

Bawang Putih

Photo :
  • Pinkvilla

"Dannnn… itu kulit bawang adalah salah satu bumbu penyedap alami yang sangat baik.. jd jng dibuang, diancurin ato di alusin gitu.. nti taburin atau campur ke makanan kita.. begitu.."

Untuk cara mengkonsumsi bawang, Zaidul Akbar juga memberikan tips supaya khasiatnya lebih terasa. 

"Oh ya, kalo mau makan bawang, di telen aja yaa.. jangan dikunyah.. karena bs rontok gigi kl dikunyah , khsusunya bawang putih seingat saya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya