Masturbasi Bikin Remaja Puber Jerawatan Ternyata Mitos, Ini Faktanya Menurut Dokter

Ilustrasi masturbasi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Dalam masa pertumbuhan remaja menuju dewasa, biasanya ada fase di mana tubuh mendapatkan dorongan seksual yang lebih besar daripada biasanya. Hal ini dipicu oleh meningkatnya hormon Androgen semasa pubertas yang membuat seseorang mengalami perubahan fisik dan psikis.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Dalam masa pubertas itulah biasanya akan muncul jerawat di wajah serta rasa ingin tahu tentang kehidupan seksual yang akhirnya tersalurkan lewat kebiasaan PMO (porn, masturbate, orgasm). Oleh sebab itu, banyak yang mengira kebiasaan PMO merupakan penyebab timbulnya jerawat di wajah. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Namun, faktanya kebiasaan masturbasi maupun PMO tidak menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Kedua hal ni sebenarnya tidak berkaitan satu sama lain sehingga tidak akan saling memengaruhi. Hanya saja perlu digarisbawahi, menonton konten pornografi adalah hal yang merusak kesehatan fisik dan mental.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

"Dengan demikian, munculnya jerawat dan tingkat keparahannya tidak dipengaruhi oleh aktivitas seksual termasuk masturbasi," jelas dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), mengutip unggahan di Instagramnya, Senin 1 Januari 2024.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Munculnya jerawat disebabkan oleh beberapa hal, seperti produksi sebum hasil produksi kelenjar minyak yang berlebihan, sumbatan pada folikel rambut oleh sel kulit mati dan sebum, hormon androgen yang berlebih, serta stres dan faktor genetik. Jerawat juga disebabkan oleh bakteri jenis Propionibacterium acnes yang menyumbat folikel rambut dan menyebabkan peradangan.

Dari beberapa penyebab timbulnya jerawat itu bisa disimpulkan bahwa masturbasi atau kebiasaan PMO tidak ada kaitannya sama sekali. Tetapi, kebiasaan seksual itu bisa menyebabkan perubahan kadar hormon yang bersifat sementara dan tidak berdampak pada kesehatan jangka panjang termasuk timbulnya jerawat.

"Karena pada umumnya seseorang cenderung mulai melakukan masturbasi dan timbul jerawat pada waktu yang bersamaan, biasanya selama masa pubertas. Maka hal ini yang kemungkinan besar menjadi sumber kebingungan dan mitos bahwa masturbasi menyebabkan jerawat," tambahnya.

Adapun beberapa pengobatan dan cara pencegahan jerawat saat dalam masa pubertas ialah rajin membersihkan wajah seperti cuci muka 2 kali sehari, menjaga kebersihan rambut dengan keramas, hindari menggunakan produk atau kosmetik yang bersifat komedogenik, dan konsumsi lah makanan bergizi seimbang dan batasi makanan manis serta berminyak.

Selain itu, jerawat juga bisa dihindari apabila seseorang mendapatkan tidur yang cukup, minum air putih minimal 8 gelas per hari, membiasakan mandi setelah beraktivitas, dan dapat mengelola stres dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya