Kulit Wajah Bercahaya dan Berseri dengan Air Beras, Kenali Juga Manfaat Lainnya

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Ada banyak tren perawatan kulit Korea yang melanda hampir setiap rumah tangga di seluruh dunia, dan untuk alasan yang bagus. Salah satu tren perawatan kulit tersebut adalah penggunaan air beras Korea untuk kulit.

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Formula DIY yang mudah dibuat ini penuh nutrisi dan akan membantu Anda mendapatkan kulit cantik. Jika Anda mendambakan kulit kaca seperti selebriti Korea favorit Anda, Anda bisa mencoba pengobatan rumahan ini. Yuk cari tahu manfaat air beras untuk kulit dan cara membuatnya dilansir dari salah satu sumber.

Air cucian beras baik untuk kulit.

Photo :
  • http://ibu-zahraa.blogspot.com
Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Apa itu Air Beras Korea?

Air beras diperoleh dari merendam atau mencuci beras dalam air sehingga menghasilkan cairan seperti susu yang kaya nutrisi dan mineral. Tujuan dari pengobatan alami untuk kulit ini adalah untuk memberi Anda kulit cerah dan terhidrasi, berkontribusi pada kulit yang lebih bercahaya dan awet muda.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Sering disebut sebagai air beras Korea karena merupakan tren perawatan kulit yang dipopulerkan oleh industri K-beauty. Untuk mempelajari peretasan DIY yang mudah ini, Health Shots terhubung dengan Dokter Kulit Dr Sonal Bansal untuk memahami proses dan prosedur pembuatan air beras di rumah.

Cara Membuat Air Beras di Rumah

Bahan-bahan

  • ½ cangkir nasi mentah (sebaiknya organik)
  • 2 gelas air

Metode:

1. Bilas beras dengan baik: Ambil beras dalam mangkuk dan bilas hingga bersih dengan air dingin yang mengalir. Ini akan membantu menghilangkan polutan atau kotoran permukaan.
2. Biarkan nasi terendam: Tambahkan sekitar dua gelas air ke dalam mangkuk nasi. Biarkan beras terendam selama 15 hingga 30 menit. Anda akan melihat air tampak berkabut selama periode ini.
3. Aduk dan keluarkan: Aduk rata butirannya sebelum memisahkannya dari air beras menggunakan saringan.
4. Fermentasi: Anda juga dapat memilih untuk melakukan fermentasi untuk mendapatkan keuntungan lebih lanjut. Diamkan air beras yang telah disaring pada suhu kamar selama 24 hingga 48 jam. Fermentasi meningkatkan potensi dan kandungan nutrisinya.
5. Penyimpanan: Setelah fermentasi, dinginkan dalam wadah kedap udara yang bersih. Suhu dingin akan membuatnya tetap segar tetapi juga baik untuk kulit Anda.

Perawatan kulit dengan madu

Photo :

Cara Dapatkan Kulit Bercahaya dengan Air Beras

Mungkin sebagian dari Anda tak banyak yang tahu, bahwa air beras itu menjadi salah satu jenis perawatan yang kerap dilakukan orang-orang Korea. Lantas,  bagaimana cara mendapatkan kulit bening dan bercahaya secara alami seperti orang Korea di rumah dengan air beras?

  1. Gunakan air beras untuk mengencangkan kulit Anda. Oleskan air beras ke wajah Anda dengan lembut menggunakan bola kapas atau bantalan. Kulit yang lebih halus didorong oleh kualitas toning, yang membantu menyeimbangkan pH kulit.
  2. Oleskan ke wajah Anda dengan kapas untuk digunakan sebagai pembersih . Usap wajah Anda dengan lembut untuk menghilangkan sisa riasan dan polutan. Ini berfungsi sebagai pembersih organik ringan yang menjaga minyak alami di kulit Anda.
  3. Untuk membuat masker wajah yang menghidrasi, campurkan air beras dengan bahan alami lainnya seperti madu atau gel lidah buaya. Oleskan campuran tersebut secara merata pada wajah Anda. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Penting juga untuk tetap terhidrasi, makan makanan seimbang, dan cukup tidur untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Manfaat Air Beras

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus memasukkan air beras ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Lantas, kira-kira apa saja manfaat dari air beras itu? 

1. Efek mencerahkan: Air beras dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi flek hitam.
2. Menjaga Anda tetap terhidrasi: Bertindak sebagai pelembab alami, menjadikan kulit kenyal dan terhidrasi.
3. Membantu melawan anti-penuaan: Kaya akan antioksidan, dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dan membuat penampilan awet muda.
4. Membersihkan kulit: Air beras dapat digunakan sebagai pembersih lembut, menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya