Dialog Nasional Pembangunan Kesehatan Indonesia Digelar Bareng Tim Pemenangan Para Capres

Dialog Nasional Pembangunan Kesehatan Indonesia bersama tim pemenangan Capres.
Sumber :
  • KOMPAK.

JAKARTA – Komunitas Profesi dan Asosiasi kesehatan (KOMPAK) Indonesia yang di dalamnya terdiri dari 19 komunitas dan asosiasi profesi kesehatan mengadakan Dialog Nasional mengenai Pembangunan Kesehatan Indonesia dengan Tim Pemenangan para Calon Presiden (Capres) dari Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (01), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (02), dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD (03) di Gedung DR R Soeharto Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Jakarta, awal pekan ini.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Mewakilli KOMPAK, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT menyampaikan bahwa tujuan diadakannya dialog nasional ini adalah untuk membangun komunikasi dan saling pengertian yang tinggi tentang program pembangunan di bidang Kesehatan antara komunitas Kesehatan dengan para Calon Presiden-Calon Wakil Presiden RI. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Selain itu, tujuan lain adalah mendukung sosialisasi dan penyebarluasan visi misi para pasangan calon sebagai implementasi ketaatan komunitas Kesehatan terhadap Undang Undang Pemilu 2017, serta memperkuat positioning tenaga medis/tenaga Kesehatan/asosiasi Kesehatan sebagai stakeholder Kesehatan utama dalam kerangka dedikasi yang setinggi-tingginya untuk pembangunan kesehatan bangsa.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Dalam diskusi tersebut, setiap perwakilan tim pemenangan juga memaparkan program kesehatan dari tiap Capres dan Cawapres, serta komitmen masing-masing pasangan Capres dan Cawapres untuk menjadikan program kesehatan sebagai prioritas dan kolaborasi yang baik dengan organisasi dan asosiasi profesi kesehatan dengan stakeholder agar tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai dengan baik dan maksimal demi kepentingan masyarakat Indonesia.

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

“KOMPAK mengapresiasi kedatangan perwakilan tim pemenangan, di mana di situ juga ada sejawat dari profesi kesehatan. Kami menyadari bahwa pemilihan umum merupakan momen penting bagi demokrasi di Indonesia. Secara institusi, KOMPAK menjamin untuk menjaga netralitas dan independensi institusi dan organisasi medis dan kesehatan Indonesia dalam pelaksanaan pemilihan umum," ujar Adib dalam keterangannya, dikutip Kamis 11 Januari 2024.

KOMPAK berharap melalui dialog nasional ini diharapkan dapat memberikan kesepemahaman dan terjalinnya saling pengertian atas masing-masing tugas mulia Presiden dan Wakil Presiden RI dengan tenaga medis/tenaga Kesehatan/ asosiasi kesehatan yang saling mendukung guna kepentingan pembangunan kesehatan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Terutama terciptanya jembatan komunikasi yang produktif antara para pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dengan komunitas Kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan Kesehatan yang bermutu untuk kemaslahatan rakyat Indonesia.

KOMPAK berharap bahwa komitmen para tim pemenangan masing-masing Capres dan Cawapres ini dapat diikuti oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pemilihan umum. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pemilihan umum dapat berjalan secara demokratis dan berintegritas.

KOMPAK merupakan gabungan komunitas dan asosiasi profesi kesehatan yang di dalamnya beranggotakan 19 institusi di antaranya Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Farmasi (PAFI), dan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki).

Selain itu, ada Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI), Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN), Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (ADINKES), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Perkumpulan organisasi perusahaan alat-alat kesehatan dan laboratorium (GAKESLAB).

Kemudian, Perhimpunan Klinik & Fasilitas Pelayanan Kesehatan Indonesia (PKFI), Himpunan Akupunktur Terapis Indonesia (HAKTI), Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (PORMIKI), Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMI), serta Perkumpulan Profesi Kesehatan Tradisional Komplementer Indonesia (KESTRAKI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya