Jadi Penyebab Ayah Anji Meninggal, Ini 5 Tanda Seseorang Alami Stroke

Anji eks Drive.
Sumber :
  • Instagram @duniamanji

VIVA Lifestyle – Kabar duka datang dari ayahanda Anji yang meninggal dunia pada Selasa dini hari, 16 Januari 2024, akibat penyakit stroke yang dideritanya.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Masalah kesehatan yang berhubungan dengan saraf ini memang harus ditangani dengan tepat dan cepat agar peluang keselamatannya semakin tinggi. Seperti diketahui, jika tidak ditangani dengan baik, maka stroke bisa menyebabkan lumpuh hingga kematian. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Stroke secara garis besar disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke otak yang berarti tidak ada cukup oksigen atau nutrisi untuk mencapai otak. Sehingga, sel-sel di otak menjadi rusak atau hancur secara permanen.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Setiap orang mungkin mengalami gejala penyakit stroke yang berbeda-beda. Dampak dari penyakit itupun tergantung pada di mana posisinya terjadi di otak dan seberapa besar area yang rusak. Sebagian orang dapat sembuh dari penyakit ini dengan cepat, namun beberapa lainnya justru bisa cacat atau mengalami komplikasi masalah yang lebih serius.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut ini adalah 5 tanda seorang pria maupun wanita yang mengidap penyakit stroke.

1. Mati rasa

Penderita stroke biasanya akan mengalami mati rasa di beberapa bagian tubuh, terutama wajah, lengan, atau kaki, dan pada salah satu sisi tubuh. Mati rasa ini membuat penderita stroke tidak dapat menggerakkan anggota tubuhnya karena tak merasakan apapun.

2. Kebingungan

Tiba-tiba kesulitan bicara atau sulit memahami pembicaraan merupakan salah satu tanda mengalami penyakit stroke. Pasalnya, otak tidak dapat bekerja secara maksimal dan menghambat komunikasi.

3. Kesulitan melihat

Tanda selanjutnya adalah kondisi ketika seseorang tiba-tiba kesulitan melihat pada satu atau kedua matanya.

4. Sulit bergerak

Stroke yang muncul juga bisa ditandai dengan rasa pusing yang menyebabkan hilangnya keseimbangan atau kurang koordinasi sehingga penderitanya jadi tidak bisa berjalan.

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

5. Sakit kepala

Tanda stroke selanjutnya yang paling umum dialami adalah sakit kepala yang parah dan muncul secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.

Seperti halnya penyakit jantung, stroke terkadang juga bisa merenggut nyawa seseorang dalam sekejap. Meskipun ada banyak teknologi perawatan untuk menanganinya, stroke bergantung pada pengurangan kerusakan dengan membiarkan aliran darah normal kembali ke otak. Namun, apabila stroke besar terjadi di bagian otak yang vital untuk bernapas atau jantung, hal itu dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat.

Seperti yang dialami oleh ayahanda Anji, ia telah mendapatkan penanganan di rumah sakit sebelum meninggal dunia. Anji mengunggah foto sambil mengenggam tangan sang ayah dan memberikan kutipan soal gejala penyakit stroke. Sayangnya, ayahanda Anji tidak bisa diselamatkan dari penyakit tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya