Penyakit X Diprediksi Jadi Pandemi Baru, Ahli: Virus Ini Bisa Bunuh Lebih dari 50 Juta Orang

Ilustrasi virus
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Virus baru yang disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai penyakit X, sudah mulai menyebar ke seluruh dunia. Para ahli memperingatkan, virus ini bisa 20 kali lebih mematikan dibanding SARS-CoV-2, penyebab COVID-19. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Kate Bingham, Ketua Satuan Tugas Vaksin Inggris, mengungkapkan, dari Mei – Desember 2020, virus baru ini memiliki dampak serupa dengan Flu Spanyol yang menghancurkan pada 1919-1920 silam. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Menurut WHO, penyakit X bisa jadi merupakan agen baru, virus, bakteri, atau jamur, tanpa pengobatan yang diketahui. 

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

"Biar saya jelaskan begini, pandemi flu pada tahun 1918-19 telah menewaskan sedikitnya 50 juta orang di seluruh dunia, dua kali lebih banyak dari jumlah korban tewas pada Perang Dunia I. Saat ini, kita bisa memperkirakan jumlah kematian yang sama dari salah satu dari banyak virus yang sudah ada," kata Kate Bingham, dikutip The HealthSite, Rabu 24 Januari 2024. 

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Penyakit X Pandemi Baru?
Peringatan mengenai pandemi penyakit X muncul pada saat dunia berada dalam kewaspadaan tinggi terhadap gelombang baru infeksi COVID-19, karena varian BA.2.86 yang sangat mudah menular terus menyebar dengan cepat di Amerika Serikat dan Inggris. 

Varian tersebut lebih berbahaya dibanding varian induk COVID-19 lainnya karena tingginya jumlah mutasi pada protein lonjakan, dan petugas medis khawatir akan meningkatnya ancaman tersebut. Jadi, apa ancaman baru dari penyakit X ini, apakah kita sedang menuju pandemi lain?

Penyakit X, sebuah pandemi baru, sedang bersiap untuk menantang umat manusia. Pandemi yang akan datang ini dapat membunuh lebih dari 50 juta orang jika tidak terdeteksi dan diatasi sejak dini. Demikian para ahli virologi terkemuka memperingatkan. 

Apa itu Penyakit X?
Penyakit X merupakan patogen hipotesis yang tidak diketahui yang dapat menyebabkan epidemi di masa depan. Para ahli telah memperingatkan bahwa virus ini dapat disebabkan oleh berbagai patogen berbeda, termasuk virus, bakteri dan jamur. 

Hingga saat ini, belum ada vaksin atau pengobatan untuk penyakit X, sehingga penyakit ini menjadi lebih berbahaya. Jika virus ini benar-benar muncul, hal tersebut dapat menyebabkan pandemi global yang berdampak buruk pada kesehatan manusia dan perekonomian global. 

Ilustrasi virus.

Photo :
  • Pixabay/geralt

Banyak patogen seperti virus, bakteri, dan jamur, telah dianggap sebagai penyebab potensial penyakit X, menurut para ahli. Virus ini bisa berupa patogen baru atau mungkin patogen yang sudah dikenal sebelumnya, namun telah berubah dan menjadi lebih berbahaya. 

Apa yang dilakukan WHO untuk hadapi penyakit X?
Untuk penyakit X, WHO sedang menyiapkan strategi dengan menunggu respons dari seluruh dunia. Strategi ini memerlukan deteksi dini, pembendungan virus, serta pengembangan vaksin dan terapi. WHO juga melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit X dan membujuk negara-negara di dunia untuk mendanai penelitian dan pengembangan penyakit menular. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya