10 Tips Memacu Gairah Seks untuk Istri yang Menopause

Ilustrasi seks/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Menopause dapat membawa perubahan fisik dan hormonal yang dapat memengaruhi gairah seksual pada wanita. Seperti diketahui wanita yang menginjak fase menopause pastinya akan dihantui kehidupan seks yang bakal meredup. 

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Di mana mitos-mitos-mitos terus bergulir, di antaranya rasa sakit karena kondisi organ intim yang berubah. Akibatnya, tak sedikit dari istri yang sudah menopause enggan berhubungan intim dengan suami.

Padahal, sebenarnya keterbatasan hormon wanita saat menopause ternyata dapat dimaksimalkan dengan bercinta. Berikut ada beberapa cara yang dapat membantu membangkitkan gairah seksual pada istri yang mengalami menopause. 

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke

Penting untuk diingat bahwa setiap individu berbeda, dan respons terhadap strategi ini dapat bervariasi. Berikut adalah beberapa saran yang mungkin membantu, dilansir dari laman Mirror dan beberapa sumber lainnya;

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

Gunakan Pelumnas 

Menopause mengakibatkan produksi hormon menurun, sehingga dinding organ intim susah licin seperti keadaan normal. Untuk menyiasati ini, gunakan larutan pelumas. Lebih disarankan yang berbahan dasar air, bukan minyak, untuk menghindari infeksi.

Hindari Kontak Langsung Organ Intim dengan Sesuatu 

Hindari kontak langsung antara organ intim wanita dengan bedak, tisu toilet wangi, dan sabun mandi.Hal tersebut ternyata dapat menyebabkan iritasi. Hindari juga obat gatal-gatal genital yang mengandung antihistamin atau parfum.

Komunikasi Terbuka

Diskusikan perubahan yang terjadi dengan istri Anda. Berbicaralah secara terbuka dan penuh pengertian, sehingga Anda dapat memahami perasaan dan kebutuhannya.

Ilustrasi bercinta.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Pemahaman Terhadap Perubahan Tubuh 

Bantu istri Anda untuk merasa nyaman dengan perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Pastikan dia tahu bahwa Anda tetap mencintainya dan bahwa perubahan ini alami.

Perawatan Hormonal

Beberapa wanita mungkin memilih untuk menjalani terapi hormon untuk mengatasi gejala menopause. Konsultasikan dengan dokter atau spesialis kesehatan untuk memahami risiko dan manfaatnya.

Olahraga

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan aliran darah dan merangsang produksi hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan gairah seksual.

Masturbasi

Merangsang diri sendiri dapat membantu menjaga kesehatan seksual dan meningkatkan gairah. Ini juga dapat membantu istri Anda lebih memahami tubuhnya.

Intimasi Tanpa Tekanan

Hindari tekanan untuk berhubungan seks. Fokuslah pada keintiman tanpa tekanan seksual, seperti memijat, berpelukan, atau saling menyentuh. Ini dapat membangun kepercayaan dan kenyamanan.

Mencari Bantuan Profesional

Jika masalah tersebut terus berlanjut, berkonsultasilah dengan dokter atau terapis seks untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka dapat memberikan panduan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan istri Anda.

Ilustrasi kamar romantis

Photo :
  • Pixabay

Lingkungan Romantis

Ciptakan lingkungan yang romantis dan nyaman di rumah, seperti menyalakan lilin, memutar musik yang menenangkan, atau merencanakan akhir pekan yang romantis.

Perhatian Terhadap Kesehatan Umum

Pastikan istri Anda menjaga kesehatan secara umum, termasuk tidur yang cukup, pola makan sehat, dan mengelola stres.

Hindari Obat Antihistamin 

Antihistamin sering digunakan sebagai obat anti alergi. Hindari ini, karena dapat mengurangi atau menghilangkan kerja histamin dalam tubuh. Wanita dengan kadar histamin rendah sulit mencapai klimaks saat bercinta.

Perbanyak zinc Kekurangan histamin pada wanita dapat diantisipasi oleh mineral yang disebut zinc. Tak perlu suplemen, wanita cukup mengonsumsi sarden ataupun gandum untuk sebagai sumber asupan zinc.

Setiap individu memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Penting untuk bersikap penuh pengertian, bersabar, dan bekerja sama dengan istri Anda untuk menemukan solusi yang paling sesuai. Jika permasalahan ini terus berlanjut, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau terapis seks.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya