Pakai Pelumas Bersamaan dengan Kondom, Hubungan Seks Lebih Nyaman dan Aman?

Ilustrasi hubungan seks
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestyle – Setiap pasangan ingin ketika hubungan seks mereka berjalan dengan sempurna tanpa adanya kendala. Namun terkadang, saat menjalani kegiatan seks tersebut masalah tak terduga terjadi.

Pelumas Mobil Ini Antarkan Ratusan Mekanik Mudik ke Yogyakarta dan Surabaya

Salah satunya adalah vagina yang hanya menghasilkan cairan lubrican yang sedikit. Atau bahkan tidak ada sama sekali, alhasil vagina menjadi kering dan membuat rasa tidak nyaman atau bahkan nyeri saat penetrasi dilakukan.

Salah satu cara yang dilakukan ketika berada di posisi tersebut adalah menggunakan pelumas atau lubrican. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Mesin Mobil saat Mudik Lebaran

Penggunaan pelumas atau lubrican ini diharapkan bisa memudahkan penetrasi dan mengurangi rasa tidak nyaman dan nyeri.

Berkaitan dengan penggunaan lubrican atau pelumas, bolehkah pelumas digunakan bersamaan dengan kondom? Terkait hal itu, clinical training manager Sutra, dr. Alan Vahlevi angkat bicara.

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Ilustrasi hubungan seks

Photo :
  • Dailystar

“Kondom dan lubrican ini kayak alat medis aja. Kondom untuk mencegah IMS dengan menggunakan lubrican bisa mencegah gesekan bisa cegah penularan HIV dan IMS,” kata dia saat ditemui dalam acara peluncuran Sutra 003: Kondom lateks Super Tipis di Indonesia dengan Sensasi ‘Serasa gak Pake’ di Jakarta Selatan, Selasa 20 Februari 2024.

Lebih lanjut, dijelmakan oleh Alan penggunaan lubrican sendiri bisa digunakan dengan kondom atau tanpa kondom.

Namun kata dia perlu diperhatikan saat menggunakan lubrican bersamaan dengan kondom. Sebab, kata dia tidak semua kondom bisa dipakai bersamaan dengan lubrican. 

“Kalau penggunaan lubrican bisa dipakai dengan kondom dan tanpa kondom. Harus hati-hati, lubrican yang boleh dipakai dengan kondom itu cuman yang basenya dari air, karena ada lubrican yang dari oil (minyak),” kata dia.

Dijelaskan oleh Alan, bahwa lubrican yang berbahan dasari minyak jika digunakan bersamaan dengan kondom bisa menyebabkan kondom menjadi rusak, sehingga kebocoran bisa terjadi.

ilustrasi hubungan seks

Photo :
  • dailystar

“Kalau lubrican yang oil akan sebabkan kondom robek, jadi hati-hati. Waterbase bisa digunakan tanpa kondom atau pakai kondom,” jelas dia.

Di sisi lain, untuk penggunaan lubrican atau pelumas berbahan dasar air bersamaan dengan kondom bisa digunakan setelah menggunakan kondom. 

“Kalau setelah pakai kondom diolesin bisa memudahkan untuk penetrasi begitu juga untuk yang tidak pakai kondom bisa dioleskan ketika sudah ereksi sebelum penetrasi ke vagina,” kata Alan menjelaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya