Zaidul Akbar: Lidah Buaya Bermanfaat untuk Jantung, Darah dan Pankreas! Begini Cara Olahnya

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Lifestyle – Sudah menjadi rahasia umum, lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Lidah buaya mampu menghaluskan dan membuat kulit menjadi lebih cerah, berkat kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Sedangkan untuk rambut, tanaman yang juga disebut aloe vera ini mampu membuat rambut menjadi sehat, berkilau dan tebal. 

Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Selain baik untuk kulit dan rambut, tanaman berduri ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Praktisi herbal, dr. Zaidul Akbar mengungkap, lidah buaya dapat memperbaiki pencernaan dan lambung. Yuk, scroll untuk tahu lebih jauh.

Lidah buaya mengandung sejumlah senyawa aktif yang memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan dan membantu mengurangi produksi asam lambung. Senyawa utama yang terkandung dalam lidah buaya adalah polisakarida, seperti glucomannan, yang memiliki sifat antiinflamasi dan membantu membentuk lapisan pelindung di dinding lambung.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Pixabay/casellesingold

Selain itu, lidah buaya juga mengandung enzim proteolitik yang membantu mencerna protein dengan lebih efisien, sehingga mampu mengurangi beban pencernaan pada lambung.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Lidah buaya juga baik untuk jantung dan saluran darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta membantu menjaga tekanan darah normal. Ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Lidah buaya juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan pankreas. Dalam penelitian yang dipublikasikan Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, menyatakan lidah buaya mungkin bisa digunakan dalam pengobatan diabetes di masa depan. 

Pemberian lidah buaya disebut dapat mengembalikan fungsi sel B pankreas yang sudah rusak. Aloe vera ini kemudian dapat bekerja menyerupai insulin dan menurunkan kadar glukosa darah sekalipun seluruh sel B pankreas yang telah mengalami degenerasi. 

“Ternyata abis makan ini lambung enak, pembuangan lancar. Hati senang, kalau dirutinin ya jantung, saluran darah, pankreas, pencernaan akan semakin banyak membaik dan menguat. Itulah lidah buaya yang saya makan,” tulis dr. Zaidul Akbar di Instagram @zaidulakbar, dikutip Senin 19 Februari 2024.  

Untuk pengolahannya, dr. Zaidul Akbar menjelaskan, ambil lidah buaya lalu bersihkan dari getah dengan air bersih, setelah itu bisa dikonsumsi langsung. Bahkan menurut Zaidul Akbar, lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. 

“Ternyata bisa juga digunakan untuk makan selain nasi. Ini lidah buaya yang saya makan karena enggak sempet ngolah yang fresh, beli jadian aja, lalu buang airnya. Bilas pakai air bersih, makan deh gitu,” tulisnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya