Jangan Bingung Lagi, Segini Kebutuhan Air Putih Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Ilustrasi minum air/air putih.
Sumber :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

VIVA Lifestyle – Minum air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dokter spesialis gizi dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G.K, menjelaskan, pentingnya mengonsumsi air putih agar hidrasi dan kesehatan pada tubuh tetap terjaga dengan baik. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Kebiasaan minum air putih perlu dilakukan sejak kecil. Dengan begitu, semakin dewasa seseorang, kebiasaan minum air putih akan lebih mudah dilakukan dan menghindari mereka dari kekurangan cairan tubuh," ujar dr Diana dalam keterangannya, dikutip Senin 19 Februari 2024. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, rata-rata orang dewasa sehat dianjurkan untuk mengonsumsi 2 liter air per hari. Di mana, untuk perempuan usia 16-18 tahun memerlukan konsumsi air putih sebanyak 2,1 liter dan usia 19-64 tahun sebanyak 2,3 liter air putih. 

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Sementara, untuk laki-laki usia 16-18 tahun memerlukan konsumsi air putih sebanyak 2,2 liter, usia 19-29 tahun sebanyak 2,5 liter, dan usia 30-64 tahun sebanyak 2,6 liter. Namun, dia mengatakan, jumlah air putih yang dibutuhkan tersebut bisa berubah bergantung kepada kondisi kesehatan masing-masing individu.

Ilustrasi air putih.

Photo :
  • Pixabay
Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Dokter Diana pun menyarankan cara memilih produk air putih yang tepat untuk kesehatan tubuh. Pertama, pilih produk air putih dari sumber mata air yang jelas dan proses yang sudah teruji. 

"Kita juga lihat kemasannya, penyok kah atau air di dalamnya bening kah. Pemilihan itu sangat penting,” tukasnya.

Diana mengimbau untuk mengonsumsi air putih dengan suhu hangat atau suhu ruangan, sekitar 25-27 derajat Celcius, terutama saat merasa sakit kepala ringan. Menurutnya, kurang fokus dan sakit kepala bisa jadi disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh.

Kebutuhan masyarakat akan air minum sangat tinggi, tetapi ketersediaan air yang layak minum dalam arti berkualitas dan terjamin dari segi kesehatan semakin sulit diperoleh. Itulah yang menyebabkan saat ini masyarakat tidak bisa lagi lepas dari Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).

Berbagai macam merek air mineral gelas pun banyak beredar hingga ke daerah-daerah. Air mineral merek VIT hanya salah satu saja di antaranya. Di wilayah Bekasi dan Tangerang Selatan saja misalnya, ditemukan ada banyak merek AMDK gelas milik daerah setempat. Beberapa di antaranya saja yang ditemukan di warung-warung, ada air mineral gelas bermerek Elana, Fioke, Alaina, DD water, Yasmin, Han, Gunung, Ahyaqua, dan Ayya.

Sementara, di wilayah Bandung dan sekitarnya, beberapa merek milik daerah setempat yang ditemukan di warung-warung terdiri dari AirCup, Stream, MinRal, Bening, Ron88, LILO, ASMI, OFres, Lakers, Sierra, dan HEXUA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya