Hujan Deras di Bogor, Satu Pintu Bendungan Katulampa Jebol

Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, debit air semakin tidak tertahan dan membuat salah satu pintu Bendung Katulampa, Kecamatan Bogor Timur jebol pada Jumat 5 April 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Bogor - Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, debit air semakin tidak tertahan dan membuat salah satu pintu Bendungan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur jebol pada Jumat 5 April 2024. 

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Petugas Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, salah satu pintu yang berada di bagian tengah tersebut jebol akibat terhantam aliran air yang deras, disertai dengan material kayu hingga batu yang terbawa arus sekitar pukul 17.45 WIB.

ilustrasi bendungan Katulampa Bogor

Photo :
  • ANTARA/Jafkhairi
Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Ketinggian muka air juga terpantau pada 140 centimeter atau dalam status siaga tiga. Pintu air yang jebol pun terbawa aliran air.

Andi menjelaskan, kejadian tersebut menyebabkan pengukuran debit air di Bendungan Katulampa menjadi tidak akurat dengan membawa peluang wilayah Jakarta tergenang banjir apabila debit air meningkat.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024