4 Manfaat Berhubungan Seks Setelah Pertengkaran, Ternyata Bisa Bantu Baikan dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/nikitabuida

VIVA Lifestyle Pertengkaran menjadi hal yang lumrah terjadi dalam hubungan setiap orang. Ketika sepasang kekasih maupun suami istri bertengkar, biasanya mood menjadi tidak karuan hingga menyebabkan kerenggangan dalam hubungan. Tetapi jika melihat berbagai film barat yang terkenal, momen tegang setelah pertengkaran itu biasanya memberikan rasa keintiman tersendiri bagi pasangan.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Ada istilah makeup seks yang digunakan untuk menyebut kondisi di mana pasangan justru bergairah setelah pertengkaran. Mereka mulai bercumbu dan pergi ke kamar untuk melakukan hubungan intim usai bersitegang. Ini adalah cara bagi pasangan untuk melepas lelah setelah pertengkaran sengit.

"Berhubungan seks adalah pengalaman mengikat yang membantu memulihkan kepercayaan dan memberikan harapan masa depan bahagia bagi pasangan," kata Dr Sanjay Kumavat, seorang Seksolog dan Psikiater, melansir Health Shots, Jumat 16 Februari 2024.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Berikut ini adalah manfaat melakukan hubungan seks setelah konflik dengan pasangan yang baik untuk hubungan.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

1. Mengembalikan kepercayaan dalam hubungan

"Mendapatkan kembali keyakinan juga dapat meningkatkan perasaan seksual karena keamanan yang lebih tinggi dapat membuat hubungan lebih intim menjadi mungkin, namun hal ini tidak selalu terjadi," kata sang ahli.

2. Meningkatkan pelepasan dopamin dan oksitosin

Otak melepaskan oksitosin dan dopamin saat berhubungan seks. Zat-zat ini berkontribusi pada pengalaman yang memuaskan, menyenangkan, dan menenangkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Oxford Academic Journal. Zat alami dalam tubuh itu dilepaskan tidak hanya selama fase membangun, mencapai klimaks, dan bersantai, tetapi juga selama orgasme. Singkatnya, makeup seks dapat membantu menghasilkan hormon bahagia, yang pada gilirannya akan membantu mengatasi masalah kesehatan mental.

3. Memberikan istirahat yang menyenangkan dari konflik

Dalam suatu hubungan, berhubungan seks adalah cara yang bagus untuk melepaskan ketegangan dan melakukan aktivitas spontan yang menyenangkan. Berbagi pengalaman bahagia dan menyenangkan membuat perubahan signifikan dalam hubungan dan membangun keintiman emosional. Memanfaatkan momen bebas konflik di kamar tidur dapat memperbaiki masalah yang tercipta dalam hubungan.

4. Mengurangi stres pasangan

Ketika kedua pasangan menikmati sesuatu bersama seperti makeup sex, ketegangan di antara mereka akan hilang. Berhubungan seks dapat membawa perubahan positif pada suasana hati masing-masing orang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine mengamati bahwa berhubungan seks dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi pada wanita. Jadi, seks adalah cara efektif untuk melepaskan ketegangan setelah bertengkar dengan pasangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya