10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Minyak kelapa.
Sumber :

VIVA Lifestyle – Minyak kelapa telah digunakan selama berabad-abad di daerah tropis, namun baru belakangan ini manfaat kesehatan dari minyak kelapa memainkan peran penting dalam budaya barat. Minyak kelapa dapat ditemukan di toko makanan kesehatan dan dijual kepada konsumen sebagai minyak nabati atau suplemen makanan.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa manfaatnya lebih dari sekadar pola makan sehat. Minyak kelapa digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit dan kondisi. Minyak kelapa terbuat dari buah kelapa yang dipanen dalam keadaan hijau karena tidak dapat berkecambah setelah dipetik.

Dagingnya dikeringkan dan diparut atau digiling untuk mengekstrak minyaknya. Proses ekstraksi minyak kelapa dari buah kelapa meliputi pengeringan terlebih dahulu daging kelapa, pemanasan, pemberian tekanan pada suhu tinggi, dan terakhir pendinginan untuk memadatkan produk akhir.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/benzolx

Minyak kelapa sendiri adalah makanan kesehatan paling menakjubkan yang memiliki banyak manfaat sehat. Minyak ini terutama digunakan untuk perawatan rambut, perawatan kulit, dan tujuan nutrisi. Minyak kelapa merupakan satu-satunya bahan alami yang tersedia di alam dengan begitu banyak khasiat untuk mengatasi segala jenis masalah kulit.

Ahli Beberkan Waktu Makan yang Bisa Kecilkan Lemak Perut Membandel, Pukul Berapa?

Jika Anda bertanya-tanya tentang apa sebenarnya yang bisa dilakukan produk ajaib ini, maka Anda berada di artikel yang tepat. Di sini kami telah mencantumkan beberapa manfaat penting minyak kelapa yang telah kami himpun dari salah satu sumber;

Manfaat Minyak Kelapa

1. Perawatan kulit

Hal terbaik tentang minyak kelapa adalah dapat digunakan untuk semua jenis masalah kulit . Ia memiliki sifat antioksidan yang membantu mencegah penuaan dini, menunda kerutan dan kulit kendur serta menghilangkan noda dan bekas luka pada kulit. Minyak kelapa membantu dalam mengobati sejumlah masalah seperti psoriasis, dermatitis, eksim, dan infeksi kulit lainnya. Lihat juga daftar tips kecantikan brilian untuk perawatan kulit .

2. Pelembab

Minyak kelapa merupakan bahan pelembab luar biasa yang mengunci kelembapan pada kulit dengan mencegah penguapan air dari permukaan kulit. Ini menembus jauh ke dalam lapisan kulit, memberi nutrisi, dan menjaga tubuh Anda terhidrasi untuk waktu yang lebih lama. Lihat juga daftar kegunaan minyak kelapa yang mengejutkan untuk kecantikan.

3. Melawan Bakteri

Minyak kelapa kaya akan asam lemak dengan sifat antibakteri kuat yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Ini juga membantu mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari. Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung atau mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh atau minyak lavender untuk mengatasi jerawat, komedo, dan infeksi kulit lainnya.

wanita rambut indah

Photo :
  • inmagine

4. Perawatan Rambut

Minyak kelapa adalah obat yang efektif untuk rambut kering, rusak, dan keriting . Ini mencegah hilangnya protein dari kutikula rambut yang menyebabkan kerusakan helai rambut. Minyak kelapa dapat digunakan sebagai perawatan deep conditioning untuk rambut kering dan rusak sebelum keramas. Ini juga berfungsi sebagai penghilang kusut alami yang bagus untuk rambut keriting .

5. Dukungan pencernaan

Minyak kelapa kaya akan lemak sehat yang membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh serta menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat. Kandungan lemak yang ada di dalamnya dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat .

6. Penguat imunitas

Minyak kelapa kaya akan asam lemak jenuh rantai menengah seperti asam laurat, kaprilat, dan asam miristat. Asam ini dikenal karena sifat antimikroba, antibakteri, dan antivirusnya yang membantu meningkatkan kekebalan secara alami . Mereka membantu melawan berbagai virus mematikan seperti HIV, herpes, cytomegalovirus, dan lain-lain.

Lemak berlebih di perut indikasi obesitas.

Photo :
  • Unsplash

7. Mengurangi lemak perut

Minyak kelapa adalah sumber lemak sehat yang membantu mengurangi berat badan dengan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Kandungan lemak yang ada di dalamnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat terutama dari lemak perut yang membandel . Minyak kelapa juga merangsang kelenjar tiroid yang mengontrol metabolisme dan pencernaan.

8. Menstabilkan kadar gula darah

Minyak kelapa kaya akan MCT yang juga disebut trigliserida rantai menengah. Asam lemak ini memiliki sifat anti kejang, antioksidan, dan anti inflamasi yang kuat yang membantu menstabilkan kadar gula darah secara alami . Mereka dapat merangsang produksi keton dalam tubuh yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah.

9. Meningkatkan energi

Minyak kelapa kaya akan MCT yang mudah dicerna dan diubah menjadi energi dengan memecah simpanan lemak yang membantu meningkatkan tingkat energi sepanjang hari. MCT juga digunakan untuk pengobatan penyakit Alzheimer, epilepsi, diet penurunan berat badan pada pasien diabetes, sindrom kelelahan kronis, dan penyakit lainnya.

10. Mengurangi risiko penyakit jantung

Minyak kelapa kaya akan asam lemak rantai pendek, sedang, dan panjang seperti asam laurat, asam kaprilat, asam kaprat, dan asam miristat yang juga disebut trigliserida rantai menengah (MCT). Asam lemak ini memiliki sifat antioksidan dan antimikroba kuat yang membantu melawan berbagai infeksi dan menghancurkan bakteri, virus, dan jamur berbahaya. Mereka juga mencegah penyakit jantung dengan memperbaiki profil lipid tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya