8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni
Sumber :
  • Pixabay/ Pexels

Jakarta – Buah nanas, dengan rasa yang segar dan manis, adalah buah tropis yang penuh dengan nutrisi penting.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan loh. Buah nanas bukan hanya lezat, tetapi juga merupakan tambahan yang baik untuk pola makan sehat Anda.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, buah ini dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mendukung kesehatan jantung dan kulit. Jadi, jadikanlah buah nanas sebagai bagian penting dari diet anda untuk mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan tubuh.

5 Aturan Sahur dan Buka Puasa Ampuh Turunkan Berat Badan!

Buah Nanas

Photo :
  • vstory

Berikut 7 Manfaat nanas untuk kesehatan, melansir dari laman Kemenkes, Senin, 1 April 2024.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

1. Sumber Vitamin C yang Kuat

Buah nanas adalah salah satu sumber utama vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu dalam memperbaiki jaringan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

 2. Mengandung Enzim Bromelain

Bromelain adalah enzim unik yang ditemukan dalam buah nanas. Enzim ini telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu dalam mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain itu, bromelain juga dapat meningkatkan pencernaan dan meredakan gejala gangguan pencernaan seperti sakit maag.

3. Menyediakan Antioksidan

Buah nanas mengandung berbagai senyawa antioksidan seperti flavonoid dan vitamin A. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah nanas penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu dalam menjaga kesehatan retina dan memastikan penglihatan yang baik. Konsumsi buah nanas secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula.

5. Memelihara Kesehatan Kardiovaskular

Makan buah nanas dapat mencegah atau mengurangi tingkat keparahan angina atau nyeri dada akibat penyakit jantung koroner. Enzim bromelain pada nanas juga membantu memecah plak kolestrol sehingga mengurangi risiko aterosklerosis atau pengerasan arteri.

6. Menyokong Penurunan Berat Badan

Nanas rendah kalori namun tinggi serat, yang membuatnya menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Serat dalam buah nanas membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

7. Menyegarkan dan Menyehatkan Kulit

Buah nanas mengandung vitamin C dan beberapa senyawa antioksidan lainnya yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Konsumsi nanas secara teratur dapat membantu mencegah penuaan dini, menjaga kelembaban kulit, dan mengurangi risiko terjadinya jerawat.

8. Meningkatkan Produksi Sperma

Menariknya, tidak banyak yang tahu kalau buah ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan pembentukan sperma. Kandungan enzim bromelain dalam makanan sehat ini dapat merangsang pembentukan hormon testosteron, sehingga produksi sperma juga ikut mengalami peningkatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya