Tips Hidangkan Es Jelly Buah Segar, Takjil Spesial untuk Buka Puasa

Es jelly buah segar cocok untuk berbuka puasa
Sumber :
  • Instagram

VIVA Kuliner – Bulan Ramadhan telah tiba. Di bulan yang dinanti ini, banyak kegiatan rutin yang kerap dilakukan, salah satunya adalah menyiapkan makanan sebagai menu untuk buka puasa. 

169 Remaja Diamankan Karena Konvoi Berkedok Bagi-bagi Takjil di Jakpus

Kurang lengkap rasanya, jika buka puasa tanpa sesuatu yang manis ataupun menyegarkan. Salah satu pilihan menu yang digemari saat buka puasa adalah minuman yang mengandung es.

Es jelly dengan isian buah segar bisa menjadi alternatif pilihan untuk melepas dahaga saat buka puasa sekaligus memberi sensasi menyegarkan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Polisi Tangkap Belasan Remaja Konvoi Berdalih Buka On The Road Sambil Nyalakan Petasan

Berdasarkan sumber resep dari unggahan di akun Instagram @masakan.simple, berikut bahan-bahan pembuatan es jelly isi buah. Akun Instagram itu juga menyertakan video yang menampilkan proses pembuatan es jelly tersebut.

Selebgram Klaviera Stephanie Tunjukan nIlai Harmonisasi Lewat Pembagian Takjil

"1 bungkus kecil jelly rasa lecy, 80 gr gula pasir, 400 ml air, 1/2 kaleng susu evaporasi, 1 sachet kental manis, dan es batu dan selasih secukupnya," berikut caption dalam unggahan itu dikutip VIVA, Senin, 11 Maret 2024.

Untuk jenis buah-buahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Dalam video resep itu, jenis buah yang digunakan adalah kiwi, nanas dan buah naga.

Langkah-langkah untuk membuatnya, pertama masukan jelly dan gula pasir ke dalam wajan lalu campur dengan air, kemudian masak sampai mendidih.

Es jelly buah segar cocok untuk berbuka puasa

Photo :
  • Instagram

Setelah isu, potong-potong buah lalu masukan dan tata ke dalam cetakan. Setelah itu, tuang jelly yang telah dimasak ke dalam cetakan yang sudah diisi buah tersebut. Isi cetakan dengan jelly sampai penuh.  

Kemudian, campurkan susu evavorasi, kental manis dan es batu dalam sebuah mangkuk atau wadah lainnya. Lalu, masukan jelly berisi buah yang sudah siap dihidangkan ke dalam mangkuk berisi es batu, susu, dan kental manis tersebut.

Terakhir, masukan selasih dan es jelly pun siap dihidangkan dan disantap khususnya saat berbuka puasa.

"Notes: Masukkan jelly ke dalam cetakan hingga penuh dan keluar dari tutupnya supaya hasilnya bulat. Jenis buah bisa disesuaikan selera kalian masing-masing. Jika kurang manis bisa tambahkan simple sirup secukupnya," bunyi caption dalam unggahan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya