Asam Urat Bisa Sebabkan Penyakit Jantung dan Stroke, Lakukan 5 Cara Pencegahan Ini

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat
Sumber :
  • Pexels/EVG photos

VIVA Lifestyle – Tanpa kita sadari munculnya berbagai masalah kesehatan di dalam tubuh itu berawal dari pola makan yang kita makan setiap harinya. Selain itu, adanya kebiasaan kita sehari-hari atau bahkan obat-obatan yang kita konsumsi termasuk untuk penyakit asam urat

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam urat dan batu ginjal hanyalah beberapa contohnya. Siapapun bisa saja mengalaminya, jika kadar asam urat tinggi.

Asam urat sendiri pada dasarnya dikeluarkan oleh ginjal, dan penting untuk menjaga kadarnya tetap terkendali daripada mencari obat. Anda bisa memulainya dengan menyiapkan menu makanan yang seimbang dan mendorong anggota keluarga Anda untuk fokus pada penurunan berat badan.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Ilustrasi asam urat.

Photo :
  • http://4.bp.blogspot.com

Lagi pula, tidak ada yang mau mengundang penyakit atau kondisi kesehatan yang tidak diinginkan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Dr Bharat Agarwal, seperti dikutip VIVA.co.id dari laman Healthshots berikut ini tentang asam urat.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Alasan Pentinya Mengontrol Kadar Asam Urat

Ketika kadar asam urat dalam tubuh naik, bisa menyebabkan kondisi yang disebut hiperurisemia, kata Dr Agarwal. Ini dapat menyebabkan asam urat, batu ginjal, atau masalah kesehatan lainnya. Batas atas normal adalah 6,8 miligram per desiliter, jadi pastikan tidak melebihi itu.

“Hiperurisemia” adalah istilah medis untuk kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh Anda.

Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan ketika tubuh Anda memecah bahan kimia yang disebut purin dalam makanan dan minuman. Kebanyakan asam urat larut dalam darah Anda, melewati ginjal Anda dan meninggalkan tubuh Anda melalui urin (urin). Hiperurisemia terjadi jika terlalu banyak asam urat yang tertinggal di tubuh Anda.

Jadi inilah mengapa kita perlu menurunkan kadar asam urat.

Mengurangi risiko hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, merupakan kondisi umum yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika kadar asam urat tinggi, itu dapat berkontribusi pada perkembangan hipertensi. Dengan mengontrol kadar asam urat, tekanan darah dapat dikelola dengan lebih baik, berpotensi mengurangi risiko komplikasi kesehatan yang serius ini.

Mengurangi risiko kardiovaskular

Peningkatan kadar asam urat telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Dengan mengontrol kadar asam urat, risiko kejadian kardiovaskular ini dapat dikurangi. Ini sangat penting bagi mereka yang memiliki faktor risiko lain untuk penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi atau diabetes.

Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Menjaga kadar asam urat terkendali baik untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Dengan mengurangi risiko asam urat, penyakit ginjal, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular, orang yang Anda cintai mungkin dapat hidup lebih lama, hidup lebih sehat dengan kualitas hidup yang lebih baik. Juga, mengelola kadar asam urat dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Mencegah penyakit asam urat

Asam urat adalah kondisi peradangan yang cukup menyakitkan yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat di persendian. Dengan mengontrol kadar asam urat, risiko terkena asam urat bisa dikurangi. Ini sangat penting bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga asam urat atau memiliki faktor risiko lain untuk kondisi tersebut.

Ilustrasi penyakit ginjal/sakit pinggang.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Melindungi fungsi ginjal
Peningkatan kadar asam urat dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal, yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika tidak ditangani, tambahnya. Juga, asam urat dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal itu sendiri, menyebabkan penyakit ginjal. Dengan menjaga kadar asam urat tetap terkendali, risiko terkena batu ginjal atau penyakit ginjal bisa dikurangi.

Cara Mengontrol Kadar Asam Urat

1. Perhatikan makanan

Makan makanan sehat yang rendah purin, senyawa yang terurai menjadi asam urat, dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Makanan yang tinggi purin antara lain daging merah dan kerang. Tetap terhidrasi dan menghindari minuman manis juga dapat membantu membuang kelebihan asam urat dari tubuh, kata sang ahli.

Makanan apa yang menyebabkan asam urat?

Mengonsumsi atau minum makanan tinggi purin lebih mungkin menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh yang menyebabkan asam urat, antara lain:

  • Minuman manis dan manisan: Gula meja standar adalah setengah fruktosa (gula buah), yang terurai menjadi asam urat. Makanan atau minuman apa pun dengan kandungan gula tinggi bisa memicu asam urat.
  • Sirup jagung fruktosa tinggi: Ini adalah bentuk fruktosa pekat. Produk makanan kemasan dan makanan ringan olahan bisa banyak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi.
  • Daging jeroan: Ini termasuk hati, babat, roti manis, otak, dan ginjal.
  • Daging buruan: Makanan khas seperti angsa, daging sapi muda, dan daging rusa semuanya mengandung purin tingkat tinggi.
  • Makanan laut tertentu: Herring, scallop, mussel, codfish, tuna, trout, dan haddock.
  • Daging merah: Daging sapi, domba, babi, dan bacon.
  • Kalkun: Kalkun deli yang diproses secara khusus.
  • Saus kuah dan daging.

2. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Menurunkan berat badan melalui diet sehat dan olahraga dapat membantu mengurangi kadar asam urat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Menghindari alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dengan mengganggu kemampuan tubuh untuk menghilangkannya. Menghindari atau membatasi konsumsi alkohol dapat membantu mengontrol kadar asam urat.

4. Obati kondisi medis yang mendasarinya
Kondisi medis tertentu seperti asam urat atau penyakit ginjal, dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Jadi, mengobati kondisi ini dapat membantu mengendalikan kadar asam urat.

5. Kurangi makanan dan minuman manis

Banyak konsumsi gula membuat tubuh dengan mudah kehilangan kemampuannya untuk mengeluarkan asam urat. Selain itu, kebanyak gula akan menyebabkan kelebihan berat badan yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya