Dampak Fatal Tubuh Kekurangan Vitamin B Kompleks, Ibu Hamil Harus Hati-hati

Ilustrasi suplemen/vitamin.
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Vitamin B kompleks adalah sekelompok delapan vitamin yang penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme energi, fungsi saraf, dan kesehatan sel darah merah.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, beberapa di antaranya dapat berakibat fatal. Berikut adalah beberapa dampak fatal dari kekurangan vitamin B kompleks yang telah kami himpun dari berbagai sumber;

Beri-beri

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B1 (tiamin). Gejala beri-beri termasuk kelelahan, sesak napas, gagal jantung, dan kerusakan saraf. Beri-beri dapat berakibat fatal jika tidak diobati. 

Pellagra

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B3 (niacin). Gejala pellagra termasuk dermatitis, diare, demensia, dan kematian. Pellagra dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Sesak napas

Photo :
  • Times of India

Anemia megaloblastik

Ini adalah kondisi yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 atau folat. Gejala anemia megaloblastik termasuk kelelahan, sesak napas, dan pucat. Anemia megaloblastik dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti penyakit jantung dan stroke, jika tidak diobati. 

Kerusakan saraf

Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan kerusakan saraf, yang dapat menyebabkan gejala seperti kesemutan, mati rasa, dan kelemahan. Kerusakan saraf bisa permanen jika tidak diobati.

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • freepik by freepik

Orang yang Berisiko Kekurangan Vitamin B Kompleks

Berikut adalah beberapa kelompok orang yang berisiko kekurangan vitamin B kompleks:

  • Pecandu alkohol: Orang yang menyalahgunakan alkohol sering kekurangan vitamin B kompleks.
  • Orang dengan penyakit pencernaan: Orang dengan penyakit celiac, penyakit Crohn, atau penyakit pencernaan lainnya mungkin mengalami kesulitan menyerap vitamin B kompleks.
  • Orang yang menjalani operasi penurunan berat badan: Orang yang menjalani operasi bypass lambung atau operasi penurunan berat badan lainnya mungkin mengalami kesulitan menyerap vitamin B kompleks.
  • Wanita hamil dan menyusui: Wanita hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin B kompleks daripada wanita yang tidak hamil atau menyusui.

Jika Anda berisiko kekurangan vitamin B kompleks, penting untuk berbicara dengan dokter Anda. Dokter Anda dapat merekomendasikan suplemen vitamin B kompleks atau menyarankan perubahan pola makan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya