Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Ilustrasi air kelapa
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle – Air kelapa sering disebut sebagai minuman olahraga alami, yang dikenal karena kandungan elektrolitnya, sehingga kerap dipilih untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Secara alami, air kelapa mengandung potasium, natrium, magnesium, dan kalsium, yaitu elektrolit yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi otot dan sinyal saraf. Selain itu, air kelapa juga mengandung karbohidrat, terutama dalam bentuk gula seperti glukosa dan fruktosa, yang menyediakan sumber energi cepat untuk memicu aktivitas fisik. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Dilansir Times of India, Selasa 16 April 2024, air kelapa juga mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan berbagai polifenol, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Antioksidan sendiri berperan dalam mengurangi peradangan, mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kronis. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi air lemon.

Photo :
  • Unsplash

Sementara air lemon, juga menawarkan hidrasi dan sejumlah manfaat kesehatan tambahan. Air lemon merupakan minuman rendah kalori yang mengandung vitamin C, antioksidan, dan flavonoid, yang membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan membantu pencernaan. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Air lemon juga mengandung sifat alkali meski rasanya asam. Di mana alkali dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh dan mengurangi keasaman. 

Lalu, mana yang lebih baik air kelapa atau air lemon?
Air kelapa dan air lemon menawarkan manfaat yang unik. Air kelapa unggul dalam mengisi kembali elektrolit yang hilang melalui keringat, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk rehidrasi setelah aktivitas fisik atau dalam kondisi panas dan lembap. 

Kandungan potasium dalam air kelapa khususnya, dapat membantu mencegah dehidrasi dan kram otot, sehingga banyak dipilih atlet dan penggemar kebugaran. 

Di sisi lain, air lemon, meski tidak kaya elektrolit seperti air kelapa, minuman ini memberikan hidrasi dan manfaat kesehatan yang lain. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu melawan stres oksidatif dan mendukung fungsi kekebalan tubuh, yang mungkin bermanfaat selama musim panas ketika paparan panas dan sinar UV menimbulkan kerusakan akibat radikal bebas. 

Selain itu, rasa segar dari air lemon dapat mendorong peningkatan asupan cairan, sehingga meningkatkan hidrasi sepanjang hari. 

Kesimpulannya, pilihan antara air kelapa atau air lemon, bergantung pada preferensi individu dan kebutuhan hidrasi. Jika Anda sedang melakukan aktivitas fisik yang berat atau menghabiskan waktu lama di luar ruangan saat cuaca panas, komposisi air kelapa yang kaya elektrolit akan optimal untuk rehidrasi dan mengisi kembali mineral penting. 

Namun, jika Anda mencari minuman yang menghidrasi dengan tambahan antioksidan dan manfaat meningkatkan kekebalan tubuh, air lemon mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya