5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi minuman dengan bahan alami.
Sumber :
  • Satya

Jakarta – Menurunkan berat badan merupakan proses yang membutuhkan dedikasi dan usaha. Selain pola makan sehat dan olahraga teratur, kualitas tidur yang baik juga berperan penting.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kurang tidur dapat menggangu hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme, sehingga lebih mudah merasa lapar dan berisiko makan berlebihan.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki kebiasaan tidur yang baik. Salah satu caranya yaitu dengan minum-minuman tertentu sebelum tidur.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Kunyit

Photo :
  • Pixabay/Corey Ryan Hanson

Berikut 5 minuman yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan sekaligus mendukung program penurunan berat badan.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

1. Susu Hangat

Ilustrasi susu/anak.

Photo :
  • Freepik

Susu hangat minuman yang klasik untuk membantu tidur. Kandungan kalsium dan tryptophan dalam susu membantu tubuh memperoduksi melatonin, hormon yang mengatur tidur. Tryptophan juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk ngemil pada malam hari.

2. Teh Chamomile

Teh Chamomile

Photo :
  • sciencedaily

Teh Chamomile terkenal dengan efeknya yang menenangkan dan membantu relaksasi. Teh ini bebas kafein sehingga tidak akan mengganggu tidur. Chamomile juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Ilustrasi susu kambing

Photo :
  • newsbytesapp

Kefir minuman fermentasi susu yang kaya akan probiotik. Probiotik ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kefir juga mengandung protein dan triptofan yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan menguragi nafsu makan.

Ilustrasi bumbu dapur atau kunyit.

Photo :
  • Pixabay/Ajale

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang kuat. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Minum sari kunyit hangat sebelum tidur dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kualitas tidur.

Lidah buaya dan sayuran

Photo :
  • Times of India

Jus Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Jus lidah buaya juga mengandung prebiotik yang dapat membantu menumbuhkan bakteri baik di usus. Minum jus lidah buaya sebelum tidru dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

Tips Minum Minuman Sebelum Tidur

1. Hindari minum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh hitam, dan soda, setidaknya 4 jam sebelum tidur.

2. Minumlah minuman hangat, bukan panas, agar tidak mengganggu tidur.

3. Hindari menambahkan gula atau pemanis buatan ke dalam minuman.

3. Minumlah 1-2 jam sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu untuk memproses cairan.

Penting untuk diingat bahwa minum minuman ini saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Anda perlu mengombinasikannya dengan pola makan sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan program penurunan berat badan yang sesuai dengan kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya