Mengungkap Manfaat Tersembunyi Jus Mengkudu, Ternyata Kaya Akan Nutrisi dan Kesehatan

Mengkudu
Sumber :
  • Pixabay/ najibzamri

Jakarta – Buah mengkudu, atau yang dikenal juga dengan nama Morinda citrifolia, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya. Di banyak negara tropis, buah ini diolah menjadi jus yang disukai karena khasiat kesehatannya. 

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Selain rasanya yang unik, jus mengkudu juga dikenal memiliki manfaat tersembunyi yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

1. Antioksidan Kuat

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Mengkudu

Photo :
  • Pixabay/ najibzamri

Jus mengkudu mengandung sejumlah besar antioksidan, termasuk flavonoid, quercetin, dan xeronine. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Pixabay

Kandungan fitokimia dalam jus mengkudu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Menyehatkan Kulit

Buah mengkudu.

Photo :

Kombinasi antioksidan dan nutrisi dalam jus mengkudu dapat membantu memelihara kesehatan kulit. Mereka membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya. Beberapa orang juga melaporkan bahwa mengonsumsi jus mengkudu secara teratur membantu mengurangi jerawat dan masalah kulit lainnya.

4. Menyokong Fungsi Hati

Ilustrasi organ hati

Photo :

Hati adalah organ penting dalam proses detoksifikasi tubuh. Jus mengkudu telah dikaitkan dengan meningkatkan fungsi hati dan meningkatkan kemampuannya untuk menghilangkan racun dari tubuh.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun Mengkudu

Photo :

Jus mengkudu mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin E, dan zinc, yang semuanya penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi jus mengkudu secara teratur dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan responsif terhadap infeksi.

5. Meredakan Peradangan

Ilustrasi radang tenggorokan.

Photo :
  • http://www.siklusdunia.com

Zat antiinflamasi alami yang ditemukan dalam jus mengkudu dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat bagi individu yang menderita kondisi inflamasi kronis, seperti arthritis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya