Ternyata, Ini Penyebab Anak Demam Saat Tumbuh Gigi

Anak demam
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Anak demam saat sedang dalam fase pertumbuhan gigi ternyata bukan hal yang biasa. Selama ini, ada mitos yang menyebut jika anak demam saat tumbuh gigi adalah hal yang wajar dan lumrah terjadi. Namun ternyata, hal itu bisa dicegah.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Pada saat menjadi bintang tamu dalam konten YouTube Nikita Willy, drg. Aliyah, Sp.KGA Spesialis Dokter Gigi Anak menjelaskan pentingnya merawat kebersihan mulut bayi seperti lidah, gusi, dan langit-langit mulut. Karena apabila mulut bayi tidak bersih, maka bisa menyebabkan timbulnya demam pada saat tumbuh gigi. Scroll lebih lanjut ya.

"Sehingga pada saat tumbuh gigi, mitos bahwa ‘oh kalau anak mau pintar nih tumbuh gigi, ada demam gitu’ itu semuanya hanya mitos sebenarnya," kata dokter gigi Aliyah dikutip dari channel YouTube Nikita Willy Official, Selasa, 27 Februari 2024.

Nikita Willy Ungkap Sifat Asli Indra Priawan Sebelum Menikah

"Yang benar adalah ketika tumbuh gigi, dia dalam kondisi yang sangat baik tidak ada kotor mulutnya, itu dia tidak ada demam, gitu," tambahnya.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Dokter gigi Aliyah menjelaskan, demam pada bayi yang sedang tumbuh gigi disebabkan oleh rongga mulutnya yang tidak bersih. Maka dari itu, sangat penting untuk membersihkan rongga mulut anak yang masih bayi.

"Mitos yang kadang-kadang ‘oh mau tumbuh gigi nih demam, biasa kok itu. Enggak’ sebenarnya itu terjadi karena artinya rongga mulutnya sedikit kotor nih. Apa yang bisa kita lakukan? Dibersihkan saja," dokter gigi Aliyah.

"Jangan lupa lidah. Lidah itu penting banget untuk dibersihkan. Karena bayi itu makanan utamanya cairan dan cairan itu merembes di lidah," katanya lagi.

Ilustrasi anak menangis karena sakit gigi.

Photo :
  • Instagram smart.gram

Sekali lagi, dokter gigi Aliyah menjelaskan bahwa demam pada anak yang tengah dalam fase tumbuh gigi bukan disebabkan oleh pertumbuhan gigi. Demam itu disebabkan oleh rongga mulut anak yang tidak bersih.

"Jadi kalau misalnya anak demam pada saat tumbuh gigi itu bukan karena pertumbuhan giginya?" tanya Nikita Willy. 

"Bukan, bukan (bukan karena pertumbuhan gigi). Karena kotor, simply karena kotor. Jadi kalau misalnya anak setiap kali tumbuh gigi demam, artinya kita harus review kembali apakah kita sudah membersihkan rongga mulut anak kita dengan baik," jawab dokter gigi Aliyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya