6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Ilustrasi kacamata.
Sumber :
  • Freepik/katemangostar

Jakarta – Mata minus, atau disebut juga miopia, adalah kondisi di mana mata tidak dapat fokus pada objek yang jauh dengan jelas. Ini umum terjadi dan bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang jika tidak diatasi dengan baik. 

IDI Rayakan Puncak Hari Bakti Dokter Indonesia 2024 di Yogyakarta

Namun, untuk penderita dengan tingkat minus rendah, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengurangi ketidaknyamanan dan memperlambat perkembangan mata minus. Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa dilakukan:

1. Pemeriksaan Mata Teratur

Kisah Ilmuwan Prancis yang Masuk Islam Karena Meneliti Jasad Firaun

Ilustrasi dokter.

Photo :
  • www.pixabay.com/jennycepeda

Rutin melakukan pemeriksaan mata adalah langkah pertama yang penting. Dokter mata akan dapat menilai tingkat keparahan miopia Anda dan memberikan saran yang sesuai. Untuk tingkat minus rendah, dokter mungkin merekomendasikan pemeriksaan setiap satu atau dua tahun sekali.

Remaja 18 Tahun di Jepang Ditangkap Polisi karena Ketahuan Menyontek

2. Gunakan Kacamata dengan Lensa yang Tepat

Ilustrasi kacamata.

Photo :
  • Freepik/katemangostar

Kacamata dengan lensa yang tepat akan membantu memperbaiki penglihatan Anda, mengurangi ketegangan mata, dan mencegah perkembangan miopia yang lebih lanjut. Pastikan untuk memakai kacamata yang sesuai dengan resep dokter mata Anda.

3. Minimalkan Penggunaan Gawai Elektronik

Ilustrasi anak main HP/gadget.

Photo :
  • Pexels/Ron Lach

Penggunaan berlebihan gawai elektronik, seperti smartphone dan komputer, dapat menyebabkan kelelahan mata dan memperburuk mata minus. Cobalah untuk membatasi waktu yang dihabiskan di depan layar dan lakukan istirahat sesekali untuk memberi istirahat pada mata Anda.

4. Terapkan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi pola hidup sehat.

Photo :
  • Pixabay

Polusi udara dan paparan sinar UV juga dapat memengaruhi kesehatan mata. Cobalah untuk hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, menghindari merokok, dan melindungi mata dari sinar matahari langsung dengan menggunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan.

5. Lakukan Latihan Mata

ilustrasi kelopak mata

Photo :
  • freepik/valuavitaly

Latihan mata dapat membantu memperkuat otot-otot mata dan meningkatkan fleksibilitasnya. Beberapa latihan sederhana seperti melihat jauh-jauh, memutar mata secara perlahan, atau fokus pada objek yang berjarak dekat dan jauh secara bergantian dapat membantu memperbaiki penglihatan.

6. Gunakan Terapi Penglihatan

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay

Terapi penglihatan, seperti terapi ortoptik, dapat membantu melatih mata Anda agar dapat fokus dengan lebih baik. Konsultasikan dengan dokter mata Anda untuk mengetahui apakah terapi penglihatan cocok untuk Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya