Konsumsi 2 Putih Telur Setiap Pagi, Hal Menakjubkan Ini Akan Terjadi pada Tubuh

Ilustrasi telur
Sumber :
  • pixabay/condesign

VIVA Lifestyle – Memulai hari dengan sarapan sehat dan bergizi adalah kunci untuk menjalani aktivitas dengan optimal. Salah satu pilihan sarapan yang mudah, murah, dan kaya manfaat adalah dengan mengonsumsi 2 putih telur setiap pagi. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Karen Ansel seorang penulis satu ini pernah mencoba hanya mengonsumsi putih telur selama 2 minggu untuk sarapan. Ia pun merasakan manfaat yang luar biasa setelah melakukan percobaan sarapan putih telur sebelum berolahraga pagi. Bukan karena tak suka kuning telur, Karen tertarik hanya mengonsumsi putih telur karena rendah kalori, lemak, kolesterol dan tinggi protein.

"Putih telur yang memiliki protein berkualitas tinggi baik sebagai makanan utama untuk mengendalikan nafsu makan dan pembentukan otot," kata Karen Ansel, RDN dikutip VIVA.co.id dari Woman's Health.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Awalnya, Karen sempat ragu dengan keputusannya hanya sarapan putih telur tidak akan membuatnya kenyang sepanjang pagi. Ternyata, hasil yang dirasakannya sungguh di luar prediksi. Hasilnya benar-benar menakjubkan.

Melansir dari livescience.com, putih telur adalah sumber protein yang sangat baik dengan 3,6 gram protein dan 17 kalori. Menurut Karen, putih telur sebagai sumber protein berkualitas tinggi dapat membantu membangun otot, membuat orang merasa kenyang lebih lama, tetap berenergi dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Berikut ini ada sederet manfaat menakjubkan putih telor jika Anda konsumsi setiap pagi.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Ilustrasi menurunkan berat badan.

Photo :
  • Pixabay/publicdomainpictures

1. Meningkatkan Massa Otot

Putih telur kaya akan protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna tubuh. Protein ini membantu membangun dan memelihara massa otot, terutama setelah latihan fisik.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Putih telur rendah kalori dan lemak, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol nafsu makan. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal.

Kesehatan tulang.

Photo :
  • http://resepmenggapaisehat.blogspot.com

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Putih telur mengandung vitamin D dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, dan kalsium membantu menjaga kepadatan tulang.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Putih telur mengandung selenium dan zinc, yang merupakan mineral penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selenium membantu tubuh melawan infeksi, dan zinc membantu tubuh memproduksi sel darah putih.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Putih telur mengandung biotin dan vitamin B12 yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Biotin membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut, dan vitamin B12 membantu mencegah anemia yang dapat menyebabkan rambut rontok.

6. Kadar Kolesterol Tinggi

Bisa juga mengurangi kadar kolesterol. Putih telur itu minim kolesterol. Mengonsumsi putih telur aman untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi, karena tetap ada nutrisi tetapi kadar kolesterol tidak akan meningkat jauh.

Kadar kolesterol tinggi meningkatkan kemungkinan stroke atau serangan jantung. Jadi makan putih telur akan menjadi salah satu makanan yang aman bagi orang-orang dengan masalah kardiovaskular karena rendah kolesterol dan tidak akan menyebabkan masalah.

Tips Mengolah Putih Telur

  • Ada banyak cara untuk mengolah putih telur, seperti direbus, digoreng, diorak-arik, atau dicampur dengan adonan pancake atau muffin. Berikut beberapa tips untuk mengolah putih telur:
  • Rebus putih telur selama 10-12 menit untuk memastikannya matang sempurna.
  • Tambahkan sedikit garam atau bumbu lainnya untuk menambah rasa.
  • Campurkan putih telur dengan sayuran atau daging cincang untuk menambah nilai gizi.
  • Gunakan putih telur sebagai pengganti tepung dalam beberapa resep untuk membuat hidangan yang lebih rendah kalori.
  • Penting untuk diingat bahwa konsumsi putih telur tidak boleh berlebihan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jumlah putih telur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya