Ancaman Tersembunyi: Penyakit Ginjal Diprediksi Masuk 5 Besar Penyebab Kematian Global di 2045!

Ilustrasi penyakit ginjal/sakit pinggang.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

JAKARTA – Penyakit ginjal menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi secara global yakni berada di peringkat 7. Bahkan disebut-sebut penyakit ini diprediksi akan menduduki peringkat kelima penyebab kematian global di tahun 2045 mendatang.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

“2045 diprediksi menjadi nomor lima penyebab kematian global. Angka kematian akibat penyakit ginjal juga meningkat dari tahun 1990 hingga 2017 itu bertambah 41 persen,” kata Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), Dr. dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH dalam virtual media briefing bersama Kementerian Kesehatan, Kamis 14 Maret 2024.

Di sisi lain, peningkatan kasus penyakit ginjal ini bisa meningkat lantaran beberapa faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang bisa membuat fungsi ginjal menurun. 

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

“Gaya hidup yang rusak fungsi ginjal salah satu yang berisiko diabetes dan hipertensi, gaya hidup yang bisa menyebabkan bisa menggangu fungsi ginjal. Kurangi konsumsi garam, gula, lemak berlebihan yang sebabkan hipertensi, dan diabetes itu bersikap tingkatan masalah pada ginjal,” ujarnya. 

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Selain itu, hindari gaya hidup sedentari alias malas gerak. Jarang bergerak kata dr. Pringgodigdo Nugroho juga bisa menyebabkan masalah pada ginjal. Malas gerak sendiri dapat meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas yang berujung pada diabetes. Diabetes juga diketahui menjadi penyebab kedua tertinggi terjadinya masalah penyakit ginjal. 

“Gaya hidup yang perlu dihindari sedentari lifestyle, kurang gerak ke toko dekat pakai kendaraan itu kurang aktivitas fisik bisa sebabkan kerusakan fungsi ginjal,” ujarnya.

Ada beberapa kebiasaan lainnya yang tanpa disadari oleh masyarakat dapat merusak fungsi ginjal. Salah satunya adalah kebiasaan merokok. Merokok diketahui meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, serta menurunkan aliran darah dan menyempitkan pembuluh darah di ginjal. Kebiasaan tidak sehat ini dapat memperburuk penyakit ginjal yang ada dan dapat mempercepat menurunnya fungsi ginjal.

Selain itu juga konsumsi obat-obatan bebas tanpa anjuran atau petunjuk dokter juga dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun. 

"Meminum obat-obatan tanpa anjuran dokter obat bebas yang sembarang itu perlu dapat perhatian,” jelas dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya