7 Tanda Ini Tunjukkan Jantung Anda Bekerja dengan Baik dan Optimal

Ilustrasi jantung.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Jantung memiliki peran paling penting dalam menjaga fungsi tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, penting memerhatikan sinyal halus yang diberikan jantung ketika ada yang tidak beres. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Dari detak jantung cepat hingga keringat berlebih, beberapa tanda bisa memberi tahu Anda kapan jantung Anda bermasalah. Sebaliknya, beberapa tanda juga bisa memberi tahu Anda bahwa organ vital ini berfungsi dengan baik. Seperti apa tanda-tandanya? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

Berikut beberapa tanda yang dapat diidentifikasi yang menunjukkan jantung Anda masih berfungsi secara optimal, dilansir HealthSite, Senin 18 Maret 2024.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Pixabay

Denyut jantung tetap konsisten meski sedang istirahat
Berapa detak jantung yang tepat bahkan saat Anda sedang istirahat? Menurut para ahli, detak jantung seseorang idealnya berkisar antara 60-100 detak per menit saat istirahat. Jika tetap konsisten berkisar di angka tersebut, ini bisa menjadi salah satu tanda vital jantung sehat. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Tidak ada masalah pernapasan
Jika Anda tidak merasa kesulitan bernapas atau proses bernapas Anda terasa mudah, berarti jantung Anda berfungsi dengan baik. Namun, hal ini juga harus dirasakan saat melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan kaki atau lari lambat. Karena itu merupakan ciri jantung yang sehat. 

Tingkat energi yang baik
Merasa bersemangat dan siap menjalani hari adalah tanda jelas dari jantung sehat. Jantung yang sehat mampu mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh termasuk otot dan organ. Hal ini membantu menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi secara optimal. 

Pemulihan cepat setelah olahraga
Jika Anda memiliki jantung yang sehat, Anda memiliki kemampuan untuk pulih dengan cepat setelah melakukan aktivitas fisik apa pun. Ketika jantung Anda sehat, jantung Anda akan dengan cepat mengirimkan oksigen dan menghilangkan asam laktat, produk sampingan dari olahraga yang menyebabkan kelelahan, sehingga memungkinkan Anda untuk pulih dengan cepat. Jika Anda pulih dengan cepat setelah berolahraga, berarti Anda memiliki jantung yang sehat. 

Tekanan darah dan kadar kolesterol normal
Menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap normal sangat penting untuk kesehatan jantung. Bagi orang dewasa, tekanan darah normal idealnya tetap di bawah 120/80 mmHg. Itu merupakan indikator bahwa aliran darah lancar di arteri, sehingga meminimalkan ketegangan pada jantung. 

Demikian juga dengan kadar kolesterol. Dengan kolesterol LDL (jahat) yang rendah dan kolesterol HDL (baik) yang tinggi, juga penting karena dapat mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Artinya, jika tekanan darah dan kadar kolesterol Anda terkendali, Anda adalah pemilik jantung yang sehat. 

Denyut nadi kuat dan stabil
Denyut nadi yang kuat dan stabil, yang biasanya berkisar antara 60 dan 100 denyut per menit, menandakan adanya aliran darah yang efisien ke seluruh bagian tubuh dan jantung Anda bekerja dengan baik. Sebaliknya, denyut nadi yang lemah atau tidak teratur, dapat mengindikasikan potensi masalah yang memerlukan perhatian medis. 

Tidak ada nyeri dada atau ketidaknyamanan
Jika Anda tidak mengalami ketidaknyamanan atau nyeri dada jenis apa pun, berarti jantung Anda memberi sinyal bahwa jantung Anda berfungsi dengan baik. Ya, tidak adanya nyeri atau sesak di dada merupakan tanda positif jantung sehat. Ketidaknyamanan terus-menerus atau berulang di area dada harus segera dievaluasi oleh ahli kesehatan, karena ini bisa menjadi gejala penyakit jantung yang mendasarinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya