Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Sahur
Sumber :
  • Milo

Jakarta – Bagi umat Muslim, bulan Ramadan adalah waktu yang penuh berkah di mana umat Islam berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama bulan ini, pola tidur sering kali berubah karena adanya sahur, makanan yang dikonsumsi sebelum fajar. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Namun, tidur setelah sahur bisa memiliki beberapa dampak buruk pada kesehatan dan kesejahteraan. Berikut adalah lima dampak buruk tidur setelah sahur yang perlu kamu ketahui:

1. Gangguan Pencernaan

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Sakit perut

Photo :
  • Times of India

Tidur segera setelah sahur dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan dengan baik. Ini dapat menyebabkan masalah seperti mulas, kembung, atau refluks asam lambung, yang semuanya dapat mengganggu kenyamanan tidur dan kualitas istirahat kamu.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

2. Peningkatan Berat Badan

Mengukur berat badan dengan lingkar pinggang

Photo :
  • Eat This

Tidur langsung setelah makan sahur dapat mengganggu metabolisme tubuh dan mempengaruhi kontrol berat badan. Tubuh cenderung menyimpan lebih banyak lemak jika kamu tidur setelah makan, karena aktivitas metabolisme berkurang saat tidur. Ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan dalam jangka panjang jika terjadi secara teratur selama bulan Ramadan.

3. Gangguan Pola Tidur

Ilustrasi tidur

Photo :
  • Istimewa

Tidur setelah sahur dapat memengaruhi pola tidur alami kamu. Kebiasaan ini bisa membuat kamu sulit untuk tidur nyenyak di malam hari dan bangun dengan segar pada waktu sahur. Gangguan pola tidur ini dapat menyebabkan rasa lelah dan kelelahan di siang hari, yang dapat memengaruhi kinerja kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Risiko Kesehatan yang Meningkat

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Mikhail Nilov

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur setelah makan besar dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah dan tekanan darah setelah makan, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung dan metabolisme glukosa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya