7 Buah Kaya Vitamin B12, Libas Kolesterol Jahat Secara Alami

Ilustrasi buah-buahan.
Sumber :
  • Freepik/Valeria_aksakova

VIVA Lifestyle – Vitamin B12 merupakan salah satu senjata untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) secara alami. Vitamin B12 bertugas membentuk sel darah merah dan mensintesis DNA, juga dapat menjaga kesehatan saraf sekaligus menjaga metabolisme lemak dan protein. 

Anti Kolesterol, Begini Cara Hilangkan Lemak pada Daging Kurban

Kabar baiknya, beberapa buah kaya akan vitamin B12 sehingga dapat membantu mengatur kadar kolesterol secara alami. Buah apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya, dilansir The HealthSite, Senin 27 Mei 2024. Yuk, scroll!

Pisang

Sukun Simpan Manfaat Ajaib: Cegah Asam Urat, Turunkan Diabetes, dan Tingkatkan Stamina

Ilustrasi pisang.

Photo :
  • Pixabay

Pisang kaya akan potasium, serat dan vitamin C. Semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan melawan kolesterol. 

5 Alasan Makanan Cepat Saji Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Mangga

Ilustrasi buah mangga

Photo :
  • Pixabay/badcoconut

Buah mangga juga ternyata bagus untuk menurunkan kolesterol. Dikemas dengan vitamin A dan serat, yang memberikan manfaat untuk mata dan sistem pencernaan. Memasukkan mangga ke dalam menu harian dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. 

Kiwi

Puding mangga dan kiwi

Photo :
  • Pixabay/ Alla_777

Kiwi dapat menjadi tambahan makanan yang bagus untuk penurun kolesterol. Buah satu ini kaya akan vitamin B12, juga dikemas dengan vitamin C dan serat. Nutrisi-nutrisi tersebut secara kolektif dapat mendukung kesehatan jantung, melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol jahat

Apel

Ilustrasi wanita makan apel.

Photo :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

Konsumsi satu apel sehari dapat menghindarkan dari penyakit, termasuk membantu menurunkan kolesterol dalam darah dan menjaga jantung tetap aman dan sehat. Kaya akan vitamin B12 bersama dengan serat larut, buah ini bekerja efektif untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dan menumbuhkan mikrobioma usus yang sehat. 

Nanas

Ilustrasi dekorasi nanas

Photo :
  • Pixabay

Buah kaya vitamin B12 lainnya adalah nanas. Kandungan antioksidan dan enzim yang membantu pencernaan, terutama bromelain, dapat mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan jantung, sehingga berkontribusi terhadap penurunan kolesterol.

Lemon

Ilustrasi buah lemon

Photo :
  • Pixabay

Memulai hari Anda dengan segelas jus jeruk atau lemon dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Asam sitrat dalam lemon dapat membantu detoksifikasi tubuh dan mengoptimalkan fungsi hati, yaitu sebuah proses penting untuk pemecahan kolesterol. 

Paprika kuning

Paprika

Photo :

Paprika kuning kaya akan vitamin B12 dan antioksidan seperti beta karoten dan lutein, yang dapat membantu melindungi jantung dan menurunkan kolesterol LDL melalui sifatnya sebagai pereda stres oksidatif dan anti inflamasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya