Dokter Ingatkan Tren Makanan Viral Bisa Picu Masalah Lambung, Begini Cara Atasinya

Ilustrasi sakit perut.
Sumber :
  • Pexels/sora shimazaki

JAKARTA – Tren makanan viral yang kini digandrungi oleh generasi Milenial dan Gen Z perlu mendapat perhatian khusus karena bisa berdampak pada kesehatan lambung

Inovasi Maskapai Mengatasi Hambarnya Makanan Pesawat

Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gz, SPGK, AIFO- K, menyatakan bahwa konsumsi makanan pedas dan asam secara berlebihan, seperti mi dengan level-level pedas dan steamboat pedas, dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

“Makanan-makanan ini memang menggugah selera, tetapi berpotensi meningkatkan risiko gastritis atau peradangan lambung,” ujar dokter Putri dalam keterangannya, dikutip Rabu 10 Juli 2024. 

Waspada, Konsumsi Makanan dan Minuman Panas Ternyata Bisa Picu Kanker Nasofaring

Ilustrasi makanan bercitarasa pedas.

Photo :
  • Pixabay/27707

Selain makanan pedas, dokter Putri menyoroti kebiasaan makan cepat yang sering dilakukan generasi muda karena kesibukan. Makan terlalu cepat dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, yang bisa berujung pada gangguan pencernaan. Tidak hanya itu, stres juga bisa memjadi pemicu masalah lambung. 

6 Kebiasaan Simpel di Pagi Hari yang Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan

“Stres juga menjadi faktor penting yang memengaruhi kesehatan lambung. Stres yang berlebihan bisa meningkatkan produksi asam lambung, menyebabkan kondisi seperti GERD atau maag,” ungkapnya. 

Untuk mencegah komplikasi serius akibat gangguan lambung, dr. Putri merekomendasikan segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala seperti perut kembung, mual, muntah, atau heartburn. 

“Cobalah mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti sayuran hijau, pisang, dan yogurt, serta menghindari makanan pedas, asam, berlemak, dan gorengan. Bahan herbal seperti madu dan kunyit dapat membantu meredakan gangguan lambung berkat sifat anti-inflamasinya,” kata dia. 

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya mengurangi stres melalui teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi. Dengan pendekatan ini, tidak hanya kesehatan lambung yang terjaga dengan baik, tetapi juga kualitas hidup secara keseluruhan dapat meningkat. 

Bicara kesehatan lambung, Freshmag berpartisipasi di Jakarta Fair 2024 dengan menghadirkan solusi inovatif untuk menjaga kesehatan lambung di tengah tren makanan viral yang digandrungi oleh generasi Milenial dan Gen Z. 

“Kami bangga dapat kembali hadir di Jakarta Fair dengan Freshmag, menyediakan solusi terdepan untuk menjaga kesehatan lambung Generasi Milenial dan Z yang gemar mengeksplorasi kuliner viral. Freshmag tidak hanya mendukung gaya hidup aktif mereka tetapi juga memberikan perlindungan optimal terhadap tantangan baru dalam dunia kuliner yang sedang populer,” ujar Ahmad Zaini, Direktur Utama PT Herbathos untuk Indonesia.

Freshmag mengundang pengunjung Jakarta Fair pada 13 Juli 2024 untuk mengunjungi booth mereka, di mana dr. Putri Sakti Dwi Permanasari akan memandu talkshow interaktif tentang kesehatan lambung, pukul 16.00-17.00 WIB. Talkshow ini akan memberikan tips praktis untuk menjaga kesehatan pencernaan sehari-hari dan menghadapi tantangan makanan viral dengan bijak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya