Intip Tanda Tangisan Bayi dari Matanya

Bayi menangis
Sumber :
  • inmagine
VIVAlife - Biasanya bayi menangis disebabkan karena banyak faktor, seperti lapar, haus, atau karena sedang merasakan sakit. Para ilmuwan menemukan sinyal atau tanda, yang umum dilakukan bayi saat menangis.
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Para peneliti dari University of Valencia, meneliti 20 bayi usia tiga hingga 18 bulan. Mereka mempelajari makna tangisan bayi dan mengamati bagaimana orangtua menanggapinya.
MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Hasil penelitian pun menunjukkan, bayi yang menangis dengan mata terbuka penyebabnya karena marah atau takut. Sementara, jika bayi menangis dengan mata tertutup, tandanya mereka merasa sakit.
Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

"Menangis adalah sarana utama bagi bayi untuk berkomunikasi dengan meluapkan emosi yang dirasakan negatif. Biasa bayi menangis karena sakit atau takut," kata pemimpin penelitian, Dr Mariano Choliz seperti dikutip dari Telegraph.

Perubahan dinamika menangis pada anak ketika marah, tangisan mereka menjadi kurang intens. Namun, jika sedang merasa sakit atau ketakutan, mereka cenderung akan sering menangis.

Artinya, dengan mendengarkan pola tangisan bayi, orangtua dapat segera menentukan, apa sebenarnya yang terjadi pada si buah hati.  (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya