Atasi Iritasi Kulit dengan Empat Herbal Alami

Minyak zaitun
Sumber :

VIVAlife - Iritasi kulit dapat disebabkan banyak faktor. Mulai dari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia, paparan polusi hingga kulit sensitif.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Untuk mengatasi masalah ruam, gatal, Anda dapat mengonsumsi air putih dalam jumlah moderat. Air putih diyakini memiliki anti inflamasi yang dapat membantu agar kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Nah, di samping air putih, ada empat bahan alami lain yang juga dapat mengatasi iritasi kulit seperti dikutip dari laman Ehow:

1. Minyak zaitun.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Jika Anda terserang eksem, coba atasi dengan minyak zaitun. Asisten profesor dermatologi dari University of California, Christopher Dannaker, menyarankan satu sendok teh minyak zaitun untuk dioleskan pada bagian kulit yang terkena eksem. Pastikan bahwa minyak zaitun Anda murni dan tidak memiliki kandungan bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit.

2. Garam dan minyak nimba.

Jerawat menjadi tanda bahwa kulit Anda mengalami iritasi. Faktornya bisa disebabkan banyak mengonsumsi makanan yang memacu produksi sebum atau karena penggunaan kosmetik. 

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Jika Anda berjerawat, coba atasi dengan neem atau minyak nimba dan garam. Cukup campurkan garam dengan minyak dan oleskan pada bagian berjerawat. Ramuan ini dapat berfungsi dengan baik, karena garam memainkan peranannya sebagai antiseptik alami, dan minyak nimba memiliki sifat anti jamur.

Setelah itu, Anda dapat mengoleskan wajah dengan yoghurt plain, diamkan selama 15 sampai 30 menit. Asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai pengelupas kulit, serta memberikan warna cerah alami. Tak hanya itu, makanan hasil fermentasi ini juga dapat membersihkan noda jerawat.

3. Tomat.

Tomat tak hanya mengandung vitamin A dan C, ada antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Tomat yang diolah jadi jus juga dapat membersihkan kulit dari minyak yang memicu datangnya jerawat yang disebabkan iritasi.

Oleh karena itu, gunakan tomat yang telah ditumbuk halus setiap hari untuk membersihkan jerawat dan sisa noda bekas jerawat. Diamkan selama satu jam agar zat alami dan asam dari tomat dapat bekerja dengan maksimal. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Sementara itu, campuran dua sendok teh tomat yang telah dihaluskan dan empat sendok makan buttermilk dapat dimanfaatkan untuk mengurangi efek sengatan matahari. Oleskan ramuan ini pada bagian tubuh yang tersengat panas matahari. Kemudian, diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

4. Teh.

Teh hijau dan teh hitam berkhasiat mengurangi peradangan yang terjadi di kulit akibat luka bakar ringan. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan merendam handuk kecil dalam teh dingin. Kemudian, kompreskan pada bagian yang teriritasi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya