Kurang Antioksidan Sebabkan Kerutan di Mata

Anggur.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Istilah antioksidan sering tercantum dalam beberapa bahan makanan, minuman, hingga produk perawatan kulit. Namun, tahukah Anda manfaat dari antioksidan bagi kesehatan?

Antioksidan, secara ilmiah diartikan molekul yang memiliki kemampuan mencegah, atau mengurangi kemungkinan dari proses oksidasi di beberapa bagian tubuh. Salah satu khasiatnya, antioksidan dapat mencegah penuaan dini, serta beragam penyakit lain yang bersifat degeneratif, seperti jantung, diabetes, serta penyempitan pembuluh darah.

Tubuh sesungguhnya memiliki kandungan antioksidan alami. Namun, jumlahnya tidak cukup melengkapi tubuh yang seringkali menerima asupan negatif yang dipengaruhi oleh gaya hidup. Sesuatu yang mengakibatkan antioksidan alami tidak mampu memenuhi asupan kebutuhan tubuh.

Kekurangan antioksidan, dapat ditandai dengan munculnya kerutan di ujung mata hingga kulit yang terlihat kusam. Jika ditelisik lebih jauh, antioksidan memiliki banyak manfaat dan kegunaan.

Delapan Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Bahkan, karena ragam kebaikannya, kandungan yang biasanya terdapat dalam cokelat, teh, dan buah-buahan ini, diyakini mampu mencegah berbagai jenis kanker.

Selain itu, ia bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, memiliki manfaat anti-penuaan, membantu mencegah penyakit jantung dan memperkecil risiko mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah, sehingga memberi perlindungan terhadap sistem saraf pusat.

Selain itu, manfaat dari antioksidan, dapat diperoleh dari makanan yang mengandung vitamin A, C, E, beta karoten, polifenol serta selenium. Manfaat dari antioksidan juga terdapat dalam berbagai jenis anggur, kacang-kacangan, buah, biji-bijian, hingga minyak zaitun.

Jika tubuh memiliki asupan antioksidan yang optimal, Anda akan terhindar dari risiko kulit kusam, keriput, hingga penuaan dini, yang biasa terjadi saat antioksidan tak mencukupi tubuh. Karena itu, menjaga kelengkapan nutrisi bagi tubuh, seperti antioksidan salah satunya, sangat diperlukan agar kesehatan dan keremajaan tubuh terjaga. (art)

Baca juga:

Dapatkan Manfaat Antioksidan dalam Makanan Ini



Makanan Sumber Antioksidan Terbaik
Jamur

Ini Alasan Anda Harus Rutin Konsumsi Jamur

Memiliki antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas.

img_title
VIVA.co.id
16 November 2015