Mengenal Keloid dan Metode Penyembuhannya

gangguan kulit / benjolan kulit
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tak banyak orang kenal, dengan penyakit berama keloid. Ini adalah kondisi di mana timbulnya benjolan pada bekas luka. Bagi kaum hawa, keloid merupakan hal yang mengkhawatirkan, karena bisa merusak penampilan. Keloid, umumnya juga memberi keluhan seperti gatal, perih, dan nyeri.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena dengan kemajuan teknologi, masalah ini kini dapat diatasi degan mudah, hingga bekas lukanya bisa hilang, atau mininal tersamar. Dokter Nina Amelia dari laman Meetdoctor menjelaskan, pengobatan keloid sekarang bisa mudah ditemukan di pasaran.

“Jenisnya ada yang topikal (dioles) berupa silicone gel, alias lembar silikon. Selain itu, ada terapi lain seperti injeksi kortikosteroid, terapi radiasi, dan pembedahan untuk memercepat penyembuhan,” katanya kepada Viva.co.id, Rabu, 18 Maret 2015.

Yoona SNSD Ternyata Pernah Ditolak 100 Kali Audisi Sebelum Dikenal Jadi Aktris di Korea

Menurut Nina, pengobatan keloid akan lebih baik, bila diberikan dalam bentuk pengobatan kombinasi.

Namun ingat, bekas jahitan yang menimbulkan perubahan warna belum tentu keloid. Karena jaringan parut hipertrofik, juga memiliki keluhan serupa layaknyai keloid.

Faktor pembedanya, apakah jaringan parut tersebut tumbuh melampaui batas luka atau tidak? “Jika tak yakin itu keloid atau bukan, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter,” ujarnya.

Terpopuler: Akses Media Sosial Tanpa Sentuhan, Harga Ponsel Samsung Semua Tipe



![vivamore="Baca Juga :"]

Keuntungan Miliki Properti, Proses KPR dari Bank Terbesar di Indonesia Lebih Mudah


[/vivamore]
Madu.

Cara Hilangkan Keloid dengan Madu

Madu sangat berkhasiat untuk mengatasi keloid.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2015