60 Persen Pasien Kanker Meninggal Karena Terlambat ke RS

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Jenis Kanker yang Paling Mematikan
- Penyakit kanker merupakan penyakit pembunuh nomor dua di Indonesia setelah penyakit jantung. Banyak penderita penyakit kanker yang harus meninggal dunia dikarenakan, 60 persen penderita kanker di Indonesia datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi stadium lanjut.

Cara Sederhana Deteksi Kanker
“Hal ini sangat disayangkan mengingat penyakit kanker bisa disembuhkan secara total apabila pasien datang secara dini,” kata Peneliti Bagian Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran UGM Christantie Effendy, S. Kp, M. Kes, Ph. D, Kamis 19 Maret 2015.

Filosofi Kursi bagi Penderita Kanker
Dari penelitian tersebut didapatkan sepuluh persoalan dan kebutuhan yang diperlukan dalam menangani pasien kanker. Adapun hal yang paling dibutuhkan oleh pasien adalah dukungan dari anggota keluarga untuk menyemangatinya agar bisa sembuh.

 “Dukungan dari keluarga sangat mendukung kesembuhan pasien,” ujarnya.

Selain dukungan moril dari keluarga, penderita kanker juga harus mendapat pelayanan dari dokter dan petugas medis dengan baik. Petugas medis menurutnya perlu bersikap layaknya keluarga tersendiri agar pasien merasa senang dan nyaman.

“Dengan begitu, pasien akan merasa gembira dan kualitas hidupnya akan meningkat,” tuturnya.

Sementara itu Fitri Purwanto, S. Kp., MM selaku Koordinator Perawat Bedah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta menyampaikan bahwa, isu yang sedang dihadapi pelayan kesehatan saat ini adalah hampir 50 persen masyarakat menengah ke atas Indonesia mencari pelayanan kesehatan ke luar negeri. Mereka masih menganggap sistem pelayanan kesehatan di dalam negeri belum kompetitif.

Menurut Fitri, sudah saatnya rumah sakit mengedepankan pelayanan keperawatan menjadi bagian terdepan dari pelayanan kesehatan.

“Pelayanan yang bermutu dan profesional itu harus memberikan rasa aman bagi pasien,” katanya.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya