Sariawan Bisa Sebabkan Kanker?

Ilustrasi sariawan
Sumber :
  • iStockphoto
VIVA.co.id
Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf
- Banyak orang yang sering mengalami sariawan dan panas dalam. Namun, terkadang tidak sedikit penderita yang meremehkan sariawan. Ya, sariawan memang sering "datang dan pergi" di rongga mulut manusia.

Ratusan Korban Banjir di Sulawesi Tenggara Mengungungsi Mandiri, Menurut BNPB

Sariawan merupakan gejala yang timbul karena kelainan rongga mulut. Sariawan terjadi karena sel mukosa mulut tidak berfungsi secara normal. Sering mengalami sariawan karena luka (tergigit), bisa juga terkena tertusuk tulang ikan atau saat menyikat gigi.

Namun, sariawan bisa datang karena hal lain. Apa saja itu?

"Sariawan juga bisa datang karena stres. Misalnya, pekerjaan yang menumpuk atau deadline, dan besok harinya mulut terasa panas dan kering jadi sariawan," kata Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed di Hotel Double Tree, Jakarta Pusat, Selasa 14 April 2015.

Namun, jika Anda mengalami sariawan secara terus-menerus dalam waktu satu bulan, harus diperiksakan ke dokter. Melanie mengisyaratkan sariawan yang terus-menerus tanpa kesembuhan bisa menyebabkan kanker.

"Iya betul (kanker). Jika terjadi terus-menerus selama satu bulan, bisa dicurigai menjadi "ganas"," ujar sang dokter yang mengenakan hijab dan blazer kain tenun itu. (art)

Keren! Lukisan Karya Putri Poppy Dharsono yang Berkebutuhan Khusus, Mejeng di Pameran IFI Wijaya
![vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya