Tips Diet untuk Penderita Diabetes

Diabetes
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memiliki tubuh langsing menawan, adalah impian semua wanita. Beragam program menurunkan berat badan, tak ayal menjadi hal yang banyak dilakukan. Namun untuk Anda yang menderita penyakit, atau memiliki risiko terkena diabetes, diet tidak semudah yang Anda bayangkan.

Dikutip dari Everyday Health, program diet yang Anda lakukan bisa saja mengancam kesehatan dan meningkatkan risiko diabetes. Untuk itu, beberapa tips berikut ini, bisa Anda coba untuk menjaga berat badan, tanpa membahayakan kesehatan.

Minum air sebelum makan

Minum air sebelum makan, adalah strategi yang tepat untuk penderita diabetes yang melakukan diet. Meminum air putih, dapat membuat perut lebih kenyang dan mencegah si pelaku diet untuk makan terlalu banyak.

Jika Anda takut merasa kembung sebelum makan, siasati hal ini dengan konsumsi buah yang memiliki kandungan air yang banyak seperti semangka, sebelum Anda menyantap menu kudapan.

Banyak berdiri


Olahraga rutin dan teratur, juga bisa dilakukan untuk membuat tubuh terpahat menjadi lebih indah dan menawan. Olahraga seperti lari, bersepeda, hingga ke gym bisa dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Namun untuk penderita diabetes, olahraga yang sehat dan membuahkan hasil, bisa dilakukan dengan mudah, yakni berdiri. Sebuah penelitian di University of Maryland mengungkapkan bahwa, berdiri 30 menit saja, sudah bisa membakar kalori tubuh 340 kalori.

Kurangi makan sambil nonton


Mengurangi berat badan bagi penderita diabetes, bisa dilakukan dengan cara mengurangi intensitas menonton televisi, terlebih ketika makan. Sebab, makan sambil menonton televisi bisa mengalihkan dan membuat Anda makan jauh lebih banyak. Hal ini tentunya tak baik untuk para pelaku diet. Oleh karena itu, fokuslah pada makanan yang Anda makan, porsi makan tidak bertambah.

Jalan sesudah makan

Salah satu siasat yang bisa dilakukan oleh pelaku diet yang menderita diabetes ialah dengan selalu membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, untuk membatasi jumlah gula dalam darah, yang mengurangi risiko diabetes.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan jalan santai, 10 menit setelah makan. Coba kelilingi beberapa area rumah atau tempat makan setelah makan, agar kalori berlebih bisa terbakar dan tidak menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Perhatikan makanan

Waspada, Diabetes Termasuk Penyakit yang 'Sedot' Biaya Besar

Sebagai penderita diabetes, Anda seharusnya mengetahui bahwa apapun yang dikonsumsi, akan menentukan kesehatan dan keseimbangan gula darah dalam tubuh Anda. Untuk itu, jika ingin melakukan diet, sebaiknya Anda mengetahui dulu kapasitas tubuh dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Hal ini akan memermudah Anda menentukan dan menimbang berapa kadar aklori yang masuk, dan harus keluar dalam tubuh Anda. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan diet masih bisa berjalan.


Cegah Diabetes Dengan Kopi
Ilustrasi suplemen.

Penderita Diabetes, Ditemukan Pil Pengganti Suntik Insulin

"Diabetes adalah pandemi, beban besar bagi penderita adalah suntikan."

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016