Berbagai Sumber Nutrisi yang Baik untuk Mata

Ilustrasi tomat
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Pernah bayangkan bagaimana hidup tanpa mata yang sehat? Tentunya menyulitkan. Hal ini karena mata adalah salah satu panca indera yang memiliki peran penting bagi manusia.

Untuk itu, nutrisi penting harus dilengkapi untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin A. Namun, selain vitamin, ternyata banyak kandungan nutrisi lain, yang juga memiliki andil dalam terjaganya kesehatan mata. Apa saja? Berikut informasinya menurut Dailymail.

Sayuran berdaun

Beragam jenis sayuran berdaun seperti bayam, kale, selada, dan lainnya, ternyata membawa kandungan nutrisi yang baik untuk mata, yakni lutein. Ia berfungsi melindungi lensa dan kornea, serta menyaring sinar ultraviolet yang masuk ke mata sehingga mata terhindar dari kerusakan.

Dari semua ragam sayur berdaun, kale adalah jenis yang memiliki kandungan lutein tertinggi. Dengan mengonsumsi sayuran ini, kecukupan nutrisi untuk mata Anda akan tercukupi.

Buah dan sayur berwarna

Sumber utama yang baik bagi mata, yakni vitamin A, bisa Anda dapatkan dari buah dan sayur yang memiliki warna cerah seperti tomat, wortel, dan pepaya. Namun, selain dalam buah dan sayur, vitamin A juga terkandung dalam berbagai sumber protein seperti telur, keju, yogurt, yang mengandung nutrisi baik.

Selain itu, nutrisi baik untuk mata bisa juga didapatkan dari kandungan zeaxantin, yang terkandung dalam jeruk dan cabai merah.

Hewan laut

Zinc adalah salah satu nutrisi lain penjaga kesehatan selain vitamin A. Kandungan zinc, dipercaya mampu memperbaiki kerja retina, yang membuat mata lebih jelas melihat. Kandungan zinc ini, dapat diperoleh dari beragam jenis hewan laut seperti kepiting, tiram, dan ikan laut.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Memperoleh makanan ini tidaklah sulit, dan pemenuhan gizinya pun sangat mudah dilakukan.

Ikan

Sama dengan hewan laut yang telah dijelaskan, ikan juga memiliki kandungan zinc yang baik untuk mata. Namun, ada lagi nutrisi yang terkandung dalam ikan. Asam omega 3, adalah nutrisi yang terkandung dalam ikan, terutama ikan air asin, yang baik untuk kesehatan mata.

Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, tuna, makarel, serta kod, memiliki kadar asam omega 3 yang cukup untuk menjaga kesehatan mata Anda. (one)


Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024