Tiga Gejala Kanker Rahim yang Perlu Anda Tahu

Ilustrasi kanker payudara
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berubahnya gaya hidup yang menjadi kian modern, membuat banyak penyakit bermunculan. Salah satu yang mengancam adalah kanker rahim bagi kaum wanita.

Kanker rahim atau yang dalam istilah medis bernama kanker serviks, adalah salah satu penyakit modern yang bisa terjadi tidak hanya karena faktor genetik, namun juga karena gaya hidup.

Selain alkohol dan rokok, pola makan dan jam tidur yang berantakan, juga menyebabkan munculnya kanker ini. Untuk itu, hal penting untuk dilakukan ialah tindakan pencegahan, yang bisa dioptimalkan jika Anda mengetahui gejala awal dari panyakit ini.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Apa saja gejalanya? Ini informasinya menurut Times of India.

Sakit saat buang air kecil

Sering merasa sakit luar biasa ketika buang air kecil? Jangan diremehkan. Bisa jadi itu adalah tanda dari gangguan pada rahim, seperti kanker serviks, salah satunya.

Rasa sakit ini bisa muncul, karena sel kanker yang sudah menjalar ke saluran kencing dan menyebabkan peradangan di bagian tersebut. Periksakan segera keadaan Anda, agar penanganan bisa dilakukan sejak dini.

Sakit setelah berhubungan intim

Tak hanya sakit saat buang air kecil, namun sakit setelah bercinta juga bisa menjadi tanda awal dari kanker serviks yang mengancam. Rasa sakit tersebut terjadi karena iritasi yang disebabkan oleh peradangan pada rahim.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Hal ini akan menyisakan rasa yang sangat menyiksa pada rahim selepas bercinta. Jika sakit mulai berlebihan, segera periksakan keadaan Anda ke dokter terpercaya.

Pendarahan

Dalam kasus yang sudah parah, kanker serviks dapat menimbulkan gejala pendarahan. Gejalanya sama seperti menstruasi, namun bisa terjadi lebih lama dari siklus yang biasanya hanya 28 hari.

Pendarahan ini, bisa terjadi hingga berbulan-bulan. Ketika sudah merasakan keanehan pada siklus menstruasi Anda, segera periksakan diri dan lakukan penanganan untuk menyembuhkan gejalanya.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Situs google.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Hilirisasi menjadi isu penting di Indonesia. Jika mengklik kata tersebut di Google, maka dalam 0,25 detik muncul 4.140.000 temuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024