Jenis-jenis Bunga yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Ilustrasi bunga mawar di Latacunga
Sumber :
  • REUTERS/Guillermo Granja

VIVA.co.id - Selain indah warna dan aromanya, bunga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ia datang dari beragam hormon yang baik bagi tubuh. Lalu bunga apa sajakah itu?

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Berikut informasinya, dikutip dari Times of India:

Mawar

Perempuan mana yang tak suka mawar? Selain sebagai simbol cinta dan kasih sayang dari pasangan, mawar juga bisa menjadi senjata penjaga kesehatan.

Sebab, mawar memiliki kandungan yang baik untuk merawat masalah perut hingga masalah organ hati. Selain itu, air mawar juga biasa digunakan sebagai pembersih wajah dan salah satu jenis aromaterapi yang bisa menghilangkan stres.

Marigold

Jenis bunga yang satu ini, biasa dijumpai di daerah pegunungan seperti salah satunya di daerah wisata Puncak atau Lembang, Bandung. Manfaat dari bunga ini selain untuk memercantik ruangan atau pekarangan rumah bisa dijadikan ramuan menyegarkan mata. Kandungan antiseptik dan zat antijamur yang dimiliki bunga ini, juga mampu menyembuhkan luka karena sayatan dan mencegah datangnya infeksi.

Camomile

Bunga imut berwarna dominan putih ini, sudah terbukti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bunga ini biasa dikeringkan dan disajikan sebagai teh, yang bisa meredakan stres, serta merawat kesehatan organ cerna, agar bisa bekerja lebih baik dan optimal.

Bunga Matahari

Kuaci, atau biji bunga matahari, adalah salah satu bagian dari bunga ini, yang bermanfaat bagi manusia, yakni sebagai camilan di waktu senggang. Namun selain bisa dijadikan kuaci, ternyata bunga matahari pun bisa dijadikan ramuan untuk menjaga kesehatan. Keringkan bunga matahari, campur dengan air dan berkumurlah dengan air campuran itu, agar Anda terhindar dari ancaman sakit tenggorokan dan radang.

PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024