Fakta Mengejutkan tentang Bahaya Kolesterol

Ilustrasi kolesterol
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Fakta mendalam tentang kolesterol dalam tubuh

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon
Kolesterol, biasa dikaitkan dengan zat buruk yang merusak tubuh dan mengancam kehidupan. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa sesungguhnya, kolesterol tak semuanya jahat dan berdampak buruk pada tubuh.
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Terdapat kolesterol baik dalam tubuh, yang menjaga keseimbangan tubuh, dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Selain fakta tersebut, masih ada beberapa fakta tentang kolesterol yang mungkin belum banyak diketahui. Apa saja? Berikut informasinya menurut laman Times of India:


Olahraga meningkatkan kolesterol baik


Intensitas olahraga yang rutin, dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah hilangnya kolesterol jahat dan meningkatnya kadar kolesterol baik dalam tubuh.Oleh karena itu rutinitas olahraga harus selalu dijaga dan dibina.


Kolesterol meningkat setelah menopause


Bagi wanita, seharusnya Anda lebuh berhati-hati dan bijak memilih makanan ketika memasuki usia senja. Pasalnya, kadar kolesterol jahat bisa meningkat jauh, setelah Anda memasuki masa menopause. Untuk itu diperlukan pengaturan pola makan yang baik agar kolesterol tidak menumpuk di tubuh Anda.


Bisa menyerang anak-anak


Tak hanya mengancam jiwa para lansia, kolesterol dan keburukannya, juga bisa mengancam jiwa-jiwa muda buah hati kita. Hal ini ada kaitannya dengan konsumsi makanan berlemak dan makanan tidak sehat yang berlebihan pada anak, yang akhirnya berujung pada gejala obesitas dan serangan jantung.


Bisa dideteksi secara kasat mata


Untuk Anda yang ingin mendeteksi kadar kolesterol buruk dalam tubuh, ada satu cara yang bisa dilakukan, yakni dengan melihat tanda kemerahan yang muncul pada kulit, yang biasa dikenal dengan istilah xanthomas. Tanda ini hanya muncul bila tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jika sudah mengalami ini, segeralah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat Anda.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya