Waspada, Ini Empat Tanda Kelenjar Tiroid Terganggu

Ilustrasi Thyroid / Tiroid
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Meski hanya berbentuk kelenjar di sekitar jakun, kelenjar tiroid memegang peran cukup penting melalui hormon tiroid yang dihasilkannya. Jika ada gangguan pada kelenjar ini, tentunya tubuh akan merasakan dampaknya. Lalu, apa saja tanda dari gangguan kelenjar tiroid? Berikut ulasannya menurut laman
Health:
Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar


Hilangkan Depresi dengan Lari
Kulit kering

Salah satu tanda pertama yang paling terlihat pada penderita gangguan kelenjar tiroid, kulitnya kering dan kusam. Hal ini disebabkan sistem metabolisme tubuh dan regenerasi sel terganggu, dan mengurangi produksi kolagen dalam kulit.


Mudah lelah


Satu lagi yang menjadi tanda adanya gangguan pada kelenjar tiroid adalah cepat lelah. Ketika Anda merasakan lelah yang tidak berkesudahan, meski sudah istirahat, itu tanda dari hormon tiroid tidak mengalir dalam darah. Lebih baik lekas diperiksa ke dokter.


Kedinginan


Sering merasa kedinginan dan menggigil tanpa alasan? Mungkin Anda kekurangan hormon tiroid. Kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan sel tubuh sulit terbakar. Di sisi lain, kelebihan hormon tiroid justru akan menyebabkan gejala sebaliknya, Anda mudah merasa kepanasan.


Sulit fokus


Selain dampak gangguan tidur, kehilangan fokus dan konsentrasi juga bisa menjadi tanda gangguan pada kelenjar tiroid. Kelebihan maupun kekurangan hormon tiroid dalam tubuh, dalam jangka panjang bisa menyebabkan terjadinya demensia pada orang usia lanjut. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya