Wanita, Ini Empat Tips Jaga Kesehatan Payudara

Ilustrasi kanker payudara
Sumber :
  • iStockphoto

VIVA.co.id - Payudara, adalah salah satu organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Tidak hanya bagi wanita, pria juga harus memperhatikannya, mengingat risiko kanker payudara juga bisa menyerang kaum pria. 

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Beberapa hal, bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan payudara Anda. Apa saja? berikut informasinya menurut laman Times of India:

Bijak pilih makanan

Terungkap Alasan Pria Suka Pandang Belahan Dada

Nutrisi yang baik bagi tubuh, adalah salah satu kunci penting yang bisa menjaga kesehatan payudara Anda. Untuk itu, Anda harus bijak memilih makanan yang bisa menjadi sumber nutrisi bagi payudara. Pilihlah makanan yang mengandung banyak vitamin A, C, dan E, yang bisa melembutkan serta melindungi payudara Anda dari serangan penyakit.

Kurangi alkohol

Kenali Tujuh Tipe Payudara Agar Tak Salah Pilih Bra

Konsumsi alkohol, sedikit banyak juga memengaruhi kesehatan dari payudara Anda. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol bisa meningkatkan produksi hormon testosteron sebanyak 3 kali lipat, yang bisa berujung pada munculnya sel kanker di payudara. 

Gunakan bra yang tepat

Pilihan bra yang tepat juga menjadi sebuah standar yang harus dipenuhi jika ingin payudara Anda terjaga kesehatannya. Gunakanlah ukuran bra yang pas dan bahan yang halus serta tidak menyebabkan iritasi. Dengan begitu, udara akan cukup masuk dan sirkulasi darah ke payudara bisa tetap lancar.

SA-DA-RI

Istilah ini, seringkali digunakan oleh para ahli penyakit payudara untuk mengimbau para wanita tentang gangguan pada payudara. Istilah ini merupakan kependekan dari Periksa Diri Sendiri. Artinya, wanita harus menyadari dan selalu mengecek payudara ketika mandi. Rasakan apakah ada benjolan atau kelainan lain di payudara. Jika Anda, segera lakukan pemeriksaan agar penanganannya tidak terlambat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya