Dokter: Cedera Otot, Tulang, dan Sendi Tidak Boleh Diurut

Seminar Kesehatan Tulang Otot Sendi
Sumber :
  • VIVA / Dhea
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Angka kasus gangguan otot-tulang-sendi di Indonesia semakin tinggi saat ini. Bukan hanya melanda lansia, namun gangguan yang biasa dikenal dengan istilah Muskuloskeletal ini, juga bisa menyerang orang muda, yang sebagian besar disebabkan cedera olahraga.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Ketika mengalami cedera, sebagian besar dari Anda, akan langsung menghampiri ahli urut atau terapis yang ada di klinik tradisional. Namun, apakah benar perawatan cedera olahraga bisa dengan cara diurut?
Hilangkan Depresi dengan Lari


"Mengurut atau melakukan pemijitan pada bagian tubuh yang terkena cedera, bisa menyebabkan trauma berlebih pada otot-otot di sekitar bagian yang cedera. Bukannya sembuh, keluhannya akan semakin parah," kata dr. Arif Soemarjono, SpKFR, FACSM, dokter rehabilitasi muskuloskeletal dari Klinik Flex Free, ketika ditemui di Akmani Hotel, Jakarta, pada Selasa, 8 Juni 2015.


Contoh kasus, Arif menceritakan pengalaman yang dimilikinya, di mana ada pasien yang awalnya hanya terkilir, namun karena pertolongan pertamanya tidak benar, kakinya diamputasi, karena masuknya bakteri ke dalam kaki. Oleh karena itu, ia memberi tips untuk melakukan pertolongan pertama pada cedera pada otot-tulang-sendi, di antaranya:


Protection (perlindungan)


Selalu lindungi tubuh ketika berolahraga dan melakukan aktivitas berat.


Rest (istirahatkan)


Istirahatkan bagian yang cedera. Minimal dua hari agar bagian otot yang cedera bisa pulih.

 

Icing (pendinginan)


Ketika cedera, segeralah kompres dengan es batu. Hal ini penting karena cedera akut bisa menimbulkan bengkak dan peradangan. Mengompres bisa mendinginkan dan mengurangi peradangan. Lakukan 5 menit, setiap 4 jam sekali sampai keluhan berkurang.


Compression (penekanan)


Penekanan harus dilakukan sambil mengompres bagian yang cedera, agar peradangan bisa dihentikan.


Elevation (pengangkatan)


Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cedera otot adalah dengan diangkat, minimal lebih tinggi dari jantung, agar aliran darah mengalir ke jantung dan mengurangi cedera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya