Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Buah

Ilustrasi buah apel
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Sering mendapat keluhan perut kembung dan maag? Mungkin konsumsi buah Anda harus diperhatikan. Hal ini terjadi, bisa jadi karena terlalu banyak makan buah, yang ternyata bisa memicu keluhan pada organ cerna.

Julie Thompson, seorang dokter yang ahli menangani masalah lambung, mengatakan bahwa buah mengandung kandungan fruktosa, yang bila dicerna dapat menimbulkan efek samping.

"Satuan fruktosa cenderung lebih mudah diserap ketika dimakan, yang berdampak langsung pada organ cerna. Namun, jika kadar fruktosa yang dimakan terlalu banyak, akan terjadi malabsorbsi, sesuatu yang membuat perut menjadi kembung dan tak nyaman," katanya.

Kandungan gula sejenis fruktosa, yang terkandung dalam buah kering, manisan, produk susu, dan beberapa jenis buah, dapat memberikan reaksi yang buruk bagi orang yang daya serap nutrisi dalam tubuhnya kurang baik. Beberapa jenis buah itu, adalah beri, plum, dan buah manis lain.

Untuk mencegah masalah ini, Julie menyarankan Anda segera mengubah pola makan. "Mulailah dengan mengurangi minum jus, dan mulai mengatur jadwal memakan buah," katanya.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Selain itu, cobalah mendapatkan manfaat baik lain bagi tubuh, dengan mengonsumsi makanan seperti sayuran, daging, telur, dan ikan. (art)

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017